KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan peternakan ayam dan makanan olahan, PT Sierad Produce Tbk (SIPD) terus mendorong segmen bisnis hilir (downstream) dan rumah potong ayam. Ketimbang bermain di Industri hulu seperti DOC/bibit ayam, manajemen memilih meningkatkan nilai tambah dengan produk olahan tersebut. Hal ini menjadi strategi bisnis yang diterapkan SIPD secara konsisten. Sampai kuartal III tahun ini tercatat segmen bisnis perunggasan memang berkontribusi sebesar 87% dari total revenue perseroan saat itu atau senilai Rp 2,58 triliun. Namun jika diamati, turunan bisnis ini beberapa divisi mengalami pelemahan seperti penjualan kotor DOC (ayam umur sehari) yang menurun 22% year on year (yoy) menjadi Rp 286,58 miliar di kuartal III tahun ini. Sedangkan bisnis peternakan ayam turun hingga 41% yoy menjadi Rp 270,38 miliar pada triwulan ketiga 2019.
Sierad Produce (SIPD) perlebar porsi segmen downstream hingga 30% tahun ini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan peternakan ayam dan makanan olahan, PT Sierad Produce Tbk (SIPD) terus mendorong segmen bisnis hilir (downstream) dan rumah potong ayam. Ketimbang bermain di Industri hulu seperti DOC/bibit ayam, manajemen memilih meningkatkan nilai tambah dengan produk olahan tersebut. Hal ini menjadi strategi bisnis yang diterapkan SIPD secara konsisten. Sampai kuartal III tahun ini tercatat segmen bisnis perunggasan memang berkontribusi sebesar 87% dari total revenue perseroan saat itu atau senilai Rp 2,58 triliun. Namun jika diamati, turunan bisnis ini beberapa divisi mengalami pelemahan seperti penjualan kotor DOC (ayam umur sehari) yang menurun 22% year on year (yoy) menjadi Rp 286,58 miliar di kuartal III tahun ini. Sedangkan bisnis peternakan ayam turun hingga 41% yoy menjadi Rp 270,38 miliar pada triwulan ketiga 2019.