SIG & Pelindo Perkuat Sinergi Operasional Logistik, Jaga Ketersediaan Bahan Bangunan



KONTAN.CO.ID - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) (Pelindo) terus memperkuat sinergi dalam operasional logistik di pelabuhan-pelabuhan vital nasional, guna memastikan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan produk bahan bangunan berkualitas di seluruh penjuru tanah air.

Direktur Supply Chain SIG, Yosviandri mengatakan sinergi antara SIG dan Pelindo merupakan kerja-sama strategis antar-BUMN untuk menjamin kelancaran pasokan dan ketersediaan produk bahan bangunan di pasar nasional. Sinergi ini sejalan dengan inisiatif SIG untuk mencapai peningkatan operational excellence melalui operasional rantai pasok yang efektif dan efisien.

”Sinergi BUMN ini diharapkan dapat menciptakan nilai tambah bagi kedua perusahaan dan memaksimalkan kontribusi terhadap negara. Apalagi saat ini pemerintah tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur dan perumahan bagi masyarakat,” kata Yosviandri usai menerima penghargaan Kategori Cargo Owner - General Cargo dalam acara Customer Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Pelindo di Hotel Anvaya, Bali, pada Kamis (3/10/2024).


Yosviandri menambahkan, relasi antara SIG dengan Pelindo telah terjalin sejak lama, termasuk di antaranya melalui perjanjian induk kerja sama dalam sinergi operasional dan pengembangan usaha yang ditandatangani kedua pihak pada September 2022 lalu, atau setahun setelah merger Pelindo.

Sebagai realisasi dari perjanjian tersebut, SIG dan Pelindo telah menjalin kerja sama di beberapa bidang, di antaranya sewa lahan, jasa bongkar muat baik inbound (masuknya barang ke dalam pelabuhan) maupun outbound (pergerakan barang ke luar pelabuhan), hingga kerja sama dalam pengoperasian Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) milik SIG di Gresik.

“Semoga sinergi SIG dan Pelindo semakin baik dan solid sehingga membuka peluang kerja sama di bidang lainnya yang saling menguntungkan dan memberikan manfaat optimal bagi kedua perusahaan,” ujar Yosviandri.

Customer Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Pelindo merupakan bentuk apresiasi kepada para pengguna jasa atau mitra kerja terpilih sepanjang tiga tahun merger. Pelindo memberikan 11 penghargaan bagi mitra kerja Pelindo yang telah memberikan banyak kontribusi untuk kemajuan bisnis perusahaan.

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan bahwa pemberian penghargaan ini diberikan kepada loyal customer yang telah berkontribusi positif dalam menyumbang pertumbuhan Pelindo. “Saya berharap semoga hubungan Pelindo dengan para pelanggan semakin erat, semakin solid, dan bisa tumbuh bersama,” kata Arif Suhartono.

Tentang SIG SIG atau PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, adalah perusahaan BUMN klaster infrastruktur yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia, dengan 51% saham dimiliki Pemerintah Indonesia. Bertransformasi sejak tahun 2013, kini SIG telah menjadi penyedia solusi bahan bangunan terdepan di kawasan regional, menjangkau pasar Asia, Australia dan Oceania.

Berbekal pengalaman lebih dari 100 tahun, SIG sebagai holding BUMN semen menyatukan enam anak usaha produsen semen yaitu, PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, PT Semen Baturaja Tbk dan Thang Long Cement Company, Vietnam. Di bawah SIG, perusahaan semen nasional tersebut berkomitmen menyediakan solusi bahan bangunan dengan prinsip berkelanjutan untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca Juga: SIG Gencar Inisiatif Dekarbonisasi Hasilkan Semen Hijau& Pembangunan Ramah Lingkungan

Selanjutnya: Hospital Expo 2024 Menargetkan 12.000 Pengunjung dan 600 Peserta

Menarik Dibaca: Havaianas Warehouse Big Sale 2024, Ini Saatnya Bersantai di Bali dan Nikmati Diskon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti