Siloam International Hospitals (SILO) Punya Pengendali Baru, Cek Rekomendasi Analis



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) kini punya pengendali baru yakni Sight Investment Company Pte Ltd, salah satu entitas milik CVC. Lewat pengendali baru, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi operasional SILO.

Paulina Margareta dan Jocelyn Santoso, Analis Maybank Sekuritas mengungkapkan sebelumnya pengendali utama rumah sakit ini adalah PT Lippo Karawaci Tbk (LKPR) melalui anak usahannya PT Megapratama Karya Persada. 

Namun pada 19 September 2024, LPKR mengumumkan menjual 18,57% atau senilai Rp 6,9 triliun dalam penawaran tender sukarela. Dengan demikian kepemilikan LKPR berkurang dari 47,66% menjadi 29,09%.


Baca Juga: Siloam Internationl Hospitals (SILO) Berupaya Menyehatkan Bisnis

Kemudian Sight Investment Company Pte Ltd, yang dimiliki oleh CVC, membeli saham yang dilepas tersebut. Alhasil saham Sight Investment meningkat dari 10,4% menjadi 55,4% di SILO. Ini menjadikannya pemegang kendali baru di perusahaan tersebut. 

Kendati demikian, perkiraannya tidak ada perubahan dalam tim manajemen dalam waktu dekat.

"Dengan peningkatan kepemilikan Sight Investment sebesar 45%, kami memperkirakan akan terjadi pengurangan sebagian di kepemilikan saham beredar bebas yang dimiliki oleh Prime Health Company Ltd dan publik," dikutip dari riset yang dipublikasikan Paulina dan Jocelyn, pada (23/9). 

Sebagai pengendali baru, Paulina dan Jocelyn mencermati bahwa CVC merupakan perusahaan ekuitas swasta global dengan 130 perusahaan dalam portofolionya. Oleh sebab itu Maybank Sekuritas berharap akuisisi CVC akan membawa sejumlah perbaikan pada efisiensi operasional SILO. 

Baca Juga: Kuartal III-2024, Siloam International Hospitals (SILO) Telah Serap 60% Capex

Untuk diketahui CVC memiliki 24 investasi di sektor perawatan kesehatan, mulai dari perusahaan farmasi, pusat perawatan spesialis, pengujian diagnostik, distributor medis, hingga jaringan rumah sakit. 

"Kami berharap pengalaman dan keahlian global CVC akan berkontribusi pada pertumbuhan SILO," lanjutnya. 

 
SILO Chart by TradingView

Editor: Noverius Laoli