Simak 5 Tips Mengembangkan UMKM di Era Digital dari Seller Lazada, yuk



MOMSMONEY.ID - Di tengah meriahnya perayaan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus, Ika Puspa Sari, penjual sukses di Lazada Indonesia, membagikan lima tips langkah kunci untuk mengembangkan UMKM di era digital.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, ada sekitar 65 juta UMKM di Indonesia yang menyumbang 61% PDB dan menyerap 97% tenaga kerja.

Untuk mendukung pertumbuhan UMKM, Lazada berkomitmen membantu mereka naik kelas dan bersaing di pasar internasional.


Nah, berikut langkah kunci untuk mengembangkan UMKM di era digital:

1. Miliki Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB adalah identitas izin usaha resmi yang meningkatkan kredibilitas toko. Ika menegaskan, memiliki NIB adalah langkah pertama yang wajib dilakukan semua pelaku usaha, termasuk UMKM.

Baca Juga: Simak Tips Pelaku UMKM Bisa Ekspor ke Mancanegara

2. Sertifikasi produk

Sertifikasi seperti SNI, izin edar BPOM, dan sertifikasi Halal meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk. Ika mendorong UMKM untuk segera mengurus sertifikasi untuk jaminan mutu dan keamanan produk.

3. Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)

Pendaftaran HaKI untuk merek melindungi produk dari pembajakan dan memberikan citra positif. Ika menyarankan untuk segera mendaftarkan merek setelah toko berkembang.

4. Terapkan strategi pemasaran efektif

Gunakan fitur eCommerce seperti Lazada untuk memasarkan produk dengan strategi yang tepat. Ika berhasil menggunakan fitur Flexi Combo dan kampanye promosi di Lazada untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Ingin Makin Cuan Berjualan di Lazada pada Momen Ramadan, Simak Tips Berikut Ini

5. Pola pikir untuk menjemput peluang

Ika percaya, pola pikir yang proaktif dalam mencari peluang berpengaruh besar pada kesuksesan. Ia aktif memantau informasi dari media sosial pemerintah untuk mendapatkan peluang pelatihan dan pengembangan.

Stefan Winata, Chief Business Officer Lazada Indonesia, menambahkan, meski memiliki toko online adalah langkah awal, legalitas dan strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk membangun kepercayaan pelanggan dan mendorong pertumbuhan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha