Simak 6 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung dengan Tepat



MOMSMONEY.ID - Terasa tidak nyaman, Anda bisa coba cara menghilangkan jerawat di punggung berikut ini. Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tetapi bisa juga muncul di belakang punggung. 

Ada banyak penyebab jerawat di punggung, seperti minyak yang tersumbat, infeksi bakteri di dalam pori-pori kulit, produk sabun dan shampo yang tidak cocok.

Namun, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menghilangkan masalah kulit ini. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, cara menghilangkan jerawat di punggung dengan benar, yaitu :


Baca Juga: Kenali 6 Jenis Bath Gloves dan Cara Merawatnya dengan Benar, Yuk!

1. Mandi Setelah Olahraga

Pertama, segera mandi setelah olahraga. Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah berolahraga berisiko tinggi menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

Oleh karena itu sebaiknya Anda mandi setelah berolahraga, tetapi tunggulah tubuh kering dari keringat agar kondisi tubuh Anda tidak memburuk. Usahakan Anda istirahat satu jam setelah olahraga lalu mandi.

2. Melakukan Eksfoliasi Kulit

Cara menghilangkan jerawat di punggung selanjutnya dengan melakukan eksfoliasi kulit. Kulit punggung yang sulit dijangkau menyebabkan adanya kotoran-kotoran dan keringat yang tertinggal bahkan setelah mandi.

Hal ini lah yang menjadi dasar agar Anda rutin melakukan eksfoliasi pada periode waktu tertentu

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Oatmeal untuk Kulit, Hilang Masalah Jerawat!

3. Gunakan Pakaian yang Longgar

Kemudian, hindari menggunakan pakaian yang ketat. Sebaiknya Anda kenakan pakaian yang longgar. Mengenakan pakaian ketat saat berolahraga dapat menjebak kotoran dan keringat, sehingga berisiko masuk ke dalam pori-pori.

Sebaiknya pilih pakaian longgar agar kulit dapat bernapas. Anda bisa menggunakan pakaian yang longgar saat aktivitas biasa atau saat tidak berolahraga.

4. Melakukan Scrub Tubuh

Anda juga perlu melakukan scrub tubuh. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori yang mengakibatkan jerawat muncul.

Oleh karena itu melakukan eksfoliasi punggung secara rutin akan menjaga tubuh tetap bersih dan bebas dari sel kulit mati dan bekas jerawat yang mengganggu.

Anda bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur seperti garam, oatmeal, atau kopi yang bisa Anda jadikan scrub agar lebih aman.

Usahakan Anda melakukan scrub saat jerawat punggung sudah kempes dan tersisa bekasnya saja.

Baca Juga: 5 Pelukis Paling Terkenal di Dunia, dari Van Gogh, Da Vinci, hingga Michelangelo

5. Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Berikutnya, mandi minimal 2 kali sehari. Selalu pastikan Anda memilih sabun mandi dengan pH yang pas dan mengandung anti bakteri untuk membunuh kuman penyebab jerawat di punggung.

Anda bisa menggunakan loofah atau brush untuk menjangkau punggung dan membersihkannya dengan sempurna.

6. Pilih Produk Perawatan Tubuh yang Tepat

Cara menghilangkan jerawat di punggung terakhir dengan memilih produk perawatan tubuh yang tepat. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak dan menyebabkan komedo. 

Karena kedua jenis produk perawatan kulit tersebut akan menyumbat pori-pori sehingga tidak menyebabkan jerawat.

Produk yang mengandung butiran scrub juga tidak direkomendasikan untuk punggung berjerawat karena akan membuat jerawat meradang.

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung dengan tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana