KONTAN.CO.ID - Cara ganti PIN ATM Mandiri akan dibahas di artikel ini. Mengganti PIN (Personal Identification Number) untuk kartu debit atau kartu ATM Bank Mandiri sebaiknya dilakukan secara berkala untuk keamanan transaksi nasabah. Pihak perbankan juga mengimbau agar nasabah aktif mengganti PIN akses ke ATM, rekening, kartu debit mupun kartu kredit secara berkala agar keamanan tetap terjaga. Sebab, pin ATM yang tidak diganti secara berkala berisiko dibobol dana Anda melalui mesin ATM maupun internet banking. Namun, perlu diketahui bahwa cara mengganti PIN ATM Mandiri hanya dapat dilakukan di mesin Mandiri ATM dan tidak bisa dilakukan di mesin ATM Bersama.
Cara ganti PIN ATM Mandiri lewat mesin ATM
Nah, berikut adalah cara mengganti PIN ATM Mandiri lewat mesin ATM Mandiri:- Masukkan Kartu Mandiri Debit ke mesin ATM, kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan.
- Masukkan 6 digit PIN Mandiri Debit yang saat ini digunakan nasabah, kemudian pilih “ENTER”.
- Pilih transaksi apapun di layar ATM.
- Kemudian akan muncul keterangan transaksi telah dibatalkan, dan nasabah langsung diminta untuk melakukan penggantian PIN. Pilih “LANJUTKAN”.
- Masukkan tanggal lahir (ddmmyy), jika sudah benar, pilih “BENAR”.
- Masukkan 6 digit angka PIN lama, kemudian pilih “ENTER”.
- Masukkan 6 digit angka PIN baru. PIN baru harus menggunakan kombinasi 6 digit angka baru dan tidak boleh sama dengan PIN Mandiri Debit terakhir yang sudah pernah digunakan nasabah.
- Masukkan kembali 6 digit angka PIN baru.
- Selanjutnya penggantian PIN berhasil dilakukan, dan struk penggantian ATM akan keluar.
Cara meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu debit Mandiri
Dirangkum dari laman resmi Bank Mandiri, berikut adalah cara meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu debit Mandiri:- Menjaga selalu kerahasiaan dan tidak memberikan informasi kepada siapapun termasuk pihak bank terkait data kartu Mandiri Debit antara lain PIN, nomor kartu, tanggal berlaku kartu, 3 digit nomor CVV di belakang kartu, dan SMS OTP.
- Menjaga kerahasiaan PIN saat bertransaksi di ATM dan mesin EDC.
- Perhatikan dan hentikan transaksi apabila ada sesuatu yang mencurigakan saat bertransaksi di ATM atau EDC.
- Aktifkan layanan SMS notifikasi dan Mandiri Online untuk dapat mengantisipasi apabila terdapat transaksi yang mencurigakan.
- Melakukan penggantian PIN secara berkala untuk meningkatkan keamanan transaksi.
- Segera lakukan pemblokiran kartu melalui 14000, Mandiri Online, atau di kantor cabang terdekat apabila kartu hilang, tertelan, atau terdapat transaksi yang mencurigakan.
- Apabila terdapat permasalahan terkait kartu Mandiri Debit agar menghubungi Mandiri Call 14000.