Simak cara menjaga daya tahan tubuh saat pandemi corona dan musim penghujan



KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pandemi virus corona belum berakhir. Di sisi lain, kini sudah tiba musim penghujan. Upaya menjaga daya tahan tubuh harus terus dilaksanakan untuk mencegah terserang virus corona, sekaligus menangkal beragam penyakit yang sering datang saat musim penghujan.

Upaya pencegahan terhadap penyakit saat musim penghujan harus ditingkatkan. Pasalnya, sering kali orang rentan sakit saat musim penghujan.

Kondisi ini wajar terjadi. Mengingat, musim hujan biasanya terjadi perubahan suhu lingkungan yang drastis. Di sisi lain, sanitasi lingkungan yang berkurang saat musim penghujan. Nyamuk-nyamuk pembawa penyakit pun berkembang lebih cepat.

Merujuk himbauan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipublikasikan di situs Covid19.go.id, berikut upaya menjaga daya tahan tubuh saat pandemi corona dan musim hujan.

1. Berjemur di bawah matahari pagi

Berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk kesehatan karena tubuh mendapatkan asupan vitamin D. Untuk mendapatkan Vitamin D, kita memerlukan paparan sinar ultraviolet B yang muncul antara Pukul 09.30 - 14.30.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 merekomendasikan untuk berjemur di bawah matahari pagi selama 5-15 menit. Berjemur harus dilakukan rutin, minimal 2 sampai 3 kali seminggu.

Baca juga: Promo KJSM Hari Hari 5 November, banyak gratis 1 dan diskon hingga 50%

2. Olahraga rutin

Cara menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga baik untuk melepas stres sekaligus melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Tidak perlu melakukan olahraga yang menguras tenaha karena kalau sampai terlalu lelah justru akan menurunkan imun tubuh kita. Lakukan olahraga teratur sekitar 150 menit per minggu, atau 30 menit per hari.

Editor: Adi Wikanto