KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) mencetak kinerja yang cemerlang sepanjang semester I-2023. Top line dan bottom line emiten ritel perlengkapan rumah tangga ini kompak menanjak di periode Januari-Juni 2023. Penjualan bersih ACES meningkat 10% secara tahunan dari Rp 3,30 triliun menjadi Rp 3,63 triliun pada Juni 2023. Hasil ini mengangkat perolehan laba bersih ACES menjadi Rp 302,42 miliar, melonjak 24,76% dibandingkan keuntungan per Juni 2022 senilai Rp 242,39 miliar. Head of Corporate Communications ACES Melinda Pudjo membeberkan pertumbuhan kinerja pada separuh tahun ini didorong oleh sejumlah faktor. Terutama dari momentum lebaran, hasil dari program "Boom Sale", serta kontribusi dari strategi creative marketing yang telah dieksekusi ACES.
Melinda berhadap kondisi ekonomi tetap kondusif di sisa tahun ini, sehingga bisa membawa katalis positif bagi industri ritel. Dengan begitu, pertumbuhan kinerja ACES bisa terjaga hingga tutup tahun 2023. Baca Juga: ACE Hardware Optimistis Alami Kenaikan Omzet "Dengan situasi yang stabil, kami optimis perusahaan akan mampu meraih kinerja yang baik di tahun 2023 melalui eksekusi strategi-strategi yang telah direncanakan," kata Melinda kepada Kontan.co.id, Selasa (1/8). Di samping menggenjot program promosi dan creative marketing, ACES juga menggeber strategi ekspansi. Guna memuluskan langkahnya ini, ACES mengalokasikan belanja modal senilai Rp 200 miliar - Rp 300 miliar sepanjang tahun 2023. Hingga bulan Juli, ACES sudah membuka tujuh gerai baru yang berlokasi di Tarakan, Batoh, Denpasar, Gianyar, Singkawang, Purwakarta dan Bontang. Pada kuartal III ini, ACES akan membuka toko terbaru dan perdana di Cilacap, Jawa Tengah. "Ekspansi toko ini masih akan terus dijalankan hingga akhir tahun 2023. Sejauh ini estimasi capex masih dalam ekspektasi perusahaan," tandas Melinda.
ACES Chart by TradingView