Simak Lima Tips ala Tokopedia & ShopTokopedia Belanja Online Anti Boncos Saat Gajian



KONTAN.CO.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat PDB per kapita masyarakat Indonesia pada tahun 2023 mencapai Rp75 juta dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,05%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia masih ditopang oleh konsumsi, dimana Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga menjadi yang terbesar kedua, mencapai 4,82%.

“Kemampuan dalam mengelola keuangan dengan bijak, terutama saat tanggal gajian tiba, sangat penting untuk dipelajari dan diimplementasikan agar dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan secara efektif. Tokopedia dan ShopTokopedia sendiri memiliki berbagai inisiatif dan fitur yang dapat menunjang kebutuhan akan belanja online yang lebih hemat, mulai dari Waktu Indonesia Belanja (WIB) hingga Promo Guncang,” jelas Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan.

“Selain itu, kini fitur PayLater sudah tersedia di ShopTokopedia yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok. Fitur PayLater di ShopTokopedia memungkinkan masyarakat untuk membeli produk yang dibutuhkan dengan memberikan keleluasaan dalam mengelola rencana pembayarannya. Fitur PayLater juga menyediakan fasilitas pembayaran cicilan mulai dari 1 hingga 12 bulan,” ungkap Aditia.


Tokopedia dan ShopTokopedia melalui Aditia membagikan sejumlah tips mengelola gaji bulanan dengan cermat dan hemat.

1. Catat semua pendapatan dan pengeluaran Mencatat semua pendapatan dan pengeluaran merupakan syarat utama dalam mengatur keuangan. Mencatat pendapatan dan membuat pos-pos pengeluaran akan mempermudah pelacakan pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

“Mencatat semua pendapatan dan pengeluaran dapat dilakukan dengan sederhana. Misalnya membuatnya di buku catatan kecil agar tidak lupa apa saja pengeluaran kita setiap bulan. Dari catatan ini, nantinya bisa kita evaluasi untuk pengeluaran-pengeluaran yang kurang perlu,” ujar Aditia.

2. Gunakan promo untuk belanja kebutuhan harian dan bulanan Promo dan diskon di Tokopedia dan ShopTokopedia cukup banyak, termasuk pada momen gajian. Berbagai kampanye khusus di momen spesial yang bisa membuat belanja sehari-hari semakin hemat, antara lain Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap periode gajian serta Promo Guncang untuk berbagai produk terlaris di berbagai kategori dengan Flash Sale 95%, Bebas Ongkir, dan berbagai promo lainnya.

“Dengan memanfaatkan promo dan diskon yang tersedia di Tokopedia dan ShopTokopedia, masyarakat dapat lebih hemat dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan hariannya. Selain itu, terdapat banyak pilihan produk dari jutaan penjual yang bergabung di Tokopedia dan ShopTokopedia yang membuat belanja masyarakat semakin mudah,” ungkap Aditia.

3. Jangan lupakan pos tabungan, investasi, dan dana darurat Tabungan, investasi, dan dana darurat merupakan pos yang perlu diisi setiap bulan ketika mengelola gaji bulanan. Tabungan dan investasi disiapkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, seperti dana traveling, biaya pernikahan, membeli rumah, membeli kendaraan, atau ibadah.

Sementara, dana darurat menjadi pos yang akan digunakan jika ada kondisi darurat terjadi. Misalnya saja ketika rumah mengalami kerusakan atau membantu keluarga dan kerabat. “Sesuaikan persentase dan nominalnya dengan penghasilan yang didapat dengan pengeluaran yang dibutuhkan agar tidak membebani finansial sendiri,” kata Aditia.

4. Lakukan evaluasi rutin untuk setiap pos pengeluaran Setiap bulannya, jangan lupa melakukan evaluasi rutin untuk setiap pos pengeluaran. Hal ini penting dilakukan agar dapat melihat lebih jelas pos-pos pengeluaran yang mungkin dirasa tidak terlalu dibutuhkan. “Misalnya, setelah melihat buku catatan kecil pengeluaran, kita melihat bahwa porsi jajan kopi di kantor terlalu besar, maka dapat disiasati dengan membawa kopi dari rumah agar semakin hemat,” tutur Aditia.

5. Manfaatkan fitur PayLater dengan bijak untuk membuat belanja online makin mudah “Salah satu fitur terbaru di ShopTokopedia, yaitu PayLater, bisa menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendapatkan beragam promo menarik. Fitur ini hadir sebagai salah satu solusi bagi masyarakat untuk mengelola gaji bulanan dengan efektif dan tetap bisa memenuhi kebutuhan berbelanja,” jelas Aditia.

Aditia menambahkan, “Fitur PayLater di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, merupakan metode pembayaran yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan secara lebih praktis dan instan, dengan kemudahan untuk melakukan pelunasan di kemudian hari. Lewat fitur ini, masyarakat mendapatkan solusi keuangan yang praktis dengan berbagai kemudahan, mulai dari limit kredit khusus, pembayaran fleksibel dan persetujuan yang kilat.”

Untuk menggunakan PayLater, masyarakat hanya perlu mendaftar secara online lewat halaman khusus di ShopTokopedia, dalam aplikasi TikTok, dengan cara mengisi data diri. Setelah disetujui, masyarakat bisa menggunakan fasilitas PayLater dan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti pilihan pembayaran cicilan mulai dari 1 hingga 12 bulan, tanpa uang muka (DP) dengan limit hingga Rp25 juta.

Membayar dengan PayLater di ShopTokopedia juga aman karena fitur dan layanan PayLater disediakan oleh berbagai institusi layanan jasa keuangan yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Ada juga Program Bebas Bunga 0% yang dapat dinikmati masyarakat yang membeli berbagai produk dari penjual yang bergabung dalam program tersebut dengan menggunakan PayLater di ShopTokopedia. Selama periode peluncuran, kami juga menggandeng Infinix dan Xiaomi untuk memberi kemudahan bagi masyarakat. Contohnya, dengan membeli Infinix Smart 9 dan Infinix Hot 50i dari Infinix, Xiaomi 14T dari Xiaomi di ShopTokopedia, dalam aplikasi TikTok, dengan menggunakan PayLater dan tenor tertentu, pembeli bisa menikmati bebas bunga 0%. Untuk program Infinix, berlaku selama 7-21 Oktober 2024 dengan tenor 1-3 bulan. Untuk program Xiaomi berlaku selama 5-18 Oktober 2024 dengan tenor 1-3 bulan,” tutup Aditia.

Tentang Tokopedia Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace (Tokopedia dan ShopTokopedia) dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia.

Baca Juga: Tokopedia dan ShopTokopedia: Ada Kenaikan Tren Belanja Online di Indonesia Timur

Selanjutnya: Inpertek Technology Indonesia Beri Terobosan Manufaktur dengan Pemasaran Digital

Menarik Dibaca: Alasan Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda, Cek di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: