Simak Rekomendasi Saham GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Usai Investasi Alibaba & Tencent



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komitmen investasi dari dua perusahaan raksasa teknologi asal China, yakni Alibaba Group dan Tencent di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menjadi katalis positif untuk saham emiten teknologi Tanah Air ini. 

Terbaru, Patrick Walujo berhasil meyakinkan Taobao, entitas usaha Alibaba untuk berinvestasi dalam jangka waktu panjang. Setidaknya, Alibaba akan mendukung GOTO dalam lima tahun ke depan. 

Alibaba pernah menjual 16,2 miliar saham GOTO pada Februari 2024. Sejalan dengan itu, porsi kepemilikan saham Alibaba di GOTO pun menyusut signifikan dari 8,72% menjadi 7,37%. 


Terhitung sejak hari penjualan itu, harga saham GOTO terus longsor dari ketinggian Rp 84 hingga menyentuh level gocap alias Rp 50 pada Juli lalu. Namun dengan komitmen investasi ini

Equity Analyst Kiwoom Sekuritas Abdul Azis bilang pernyataan terbaru Alibaba dalam lima tahun ke depan, memang kekhawatiran akan terjadi sell off lanjutan atas saham GOTO akan meredup. 

Baca Juga: Usai Gaet Alibaba, GOTO Jalin Kemitraan Strategis dengan Tencent

"Apalagi Tencent juga berhasil dirangkul. Komitmen dua raksasa ini membalikkan situasi dari tekanan jual menjadi dorongan beli," jelasnya Azis dalam keterangannya, Jumat (27/9). 

Komitmen investasi Alibaba dan Tencent juga diyakini akan memberikan dampak bisnis lanjutan terhadap GOTO. Pasalnya, kemitraan strategis ini akan meningkatkan efisiensi hingga membuka peluang ekosistem baru. 

Etta Rusdiana Putra, Equity Research Analyst Maybank Sekuritas menilai kolaborasi ini merupakan salah satu pakta cloud strategis Alibaba Cloud yang paling signifikan di Asia Tenggara.

"Perubahan ini akan menyederhanakan kegiatan operasional, meningkatkan efisiensi layanan dan menekan biaya operasional Group GOTO," katanya. 

Etta memproyeksikan GOTO dapat menghemat biaya pusat data kemungkinan sekitar 20%-30%. Untuk gambaran, GOTO menghabiskan sekitar Rp 752 miliar untuk peningkatan TI dan infrastruktur di semester I-2024. 

Menurutnya, kolaborasi ini berpeluang meningkatkan teknologi GOTO terutama di AI. Alibaba Cloud akan menyediakan layanan terkait cloud, termasuk komputasi, basis data, jaringan, analisis data, dan AI.

 
GOTO Chart by TradingView

"Ini peluang bagi GOTO untuk berekspansi ke rantai teknologi yang lebih tinggi. Kami yakin Alibaba adalah mitra yang cocok, karena bagian yang menantang adalah menciptakan ekosistem pendukung pusat data," kata Etta.

Lebih lanjut, Maybank Sekuritas Indonesia merekomendasikan beli GOTO dengan target harga di Rp 95 per saham. Pada akhir perdagangan Jumat (27/9), GOTO parkir di level Rp 70 per saham. 

Selanjutnya: Link Live Streaming Persija Jakarta vs PSM Makassar di BRI Liga 1 Pukul 19.00 WIB

Menarik Dibaca: Cek Apa Saja Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari