KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pengelola taman rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (
PJAA) baru merilis laporan kinerja keuangannya untuk tahun penuh di 2022. PJAA mencatatkan kinerja cemerlang dengan berhasil membalikkan rugi menjadi laba sebesar Rp154,22 miliar. Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan Jumat (31/3), Realisasi laba ini didorong oleh pendapatan usaha sebesar Rp957,87 miliar. Jumlah ini naik 146% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp389,34 miliar. Dari total pendapatan tersebut tercatat berasal dari peningkatan dari beberapa pos seperti pendapatan tiket yang berkontribusi sebesar Rp 672,2 miliar, pendapatan hotel dan restoran Rp 77,88 miliar, dan pendapatan usaha lainnya sebesar Rp 210 miliar.
Seiring dengan itu, beban pokok pendapatan dan beban langsung PJAA di 2022 juga ikut meningkat menjadi Rp 413,86 miliar dari sebelumnya Rp 289,44 miliar di tahun 2021.
Baca Juga: Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) Incar Jumlah Pengunjung Naik 10%-20% di 2023 PJAA juga mencatatkan liabilitas perusahaan yang menurun sebesar 20% (YoY) menjadi Rp 599,401 Miliar. Penurunan ini disebabkan pembayaran obligasi berkelanjutan II Jaya Ancol Tahap II Tahun 2021 Seri A dengan nilai Rp 516.000. Hal ini juga dapat dilihat pada penurunan saldo kas dan setara kas Pembangunan Jaya Ancol yang menurun 40% (YoY) menjadi Rp 337,407 Miliar. Di Tahun 2023 PJAA berharap bisa melanjutkan capaian kinerjanya yang lebih baik lagi. Perseroan menargetkan pertumbuhan pengunjung sekitar 10% hingga 20% di tahun ini. Dengan pengunjung yang meningkat diharapkan nantinya juga turut mendongkrak pendapatan perseroan. Untuk melancarkan targetnya, PJAA mengaku akan menyiapkan anggaran belanja modal atau
capital expenditure (Capex) untuk tahun 2023. Meski belum merinci berapa banyak capex yang akan digunakan, PJAA mengaku dana tersebut akan dialokasikan sebagian besar untuk inovasi dan renovasi, serta optimalisasi produk atau unit rekreasi yang sudah ada.
"Kami juga sudah menyiapkan berbagai persiapan untuk menghadapi libur Lebaran tahun ini dengan membuka seluruh unit bisnis dan memastikan seluruh fasilitas dan wahana berjalan dengan optimal," kata Ariyadi Eko Nugroho, Corporate Communication PJAA kepada Kontan, Jumat (30/3). Selain itu PJAA juga akan memperkaya pengalaman dengan menambah beberapa acara spesial seperti
international show, membuka seluas-luasnya channel distribusi penjualan tiket. "Sambil edukasi pembelian tiket online, pengunjung masih memiliki kesempatan untuk bertransaksi secara offline dan cash di mitra ritel kami yaitu Indomaret dan Alfamart. Kami juga melakukan promosi dan aktivasi terutama di digital," lanjut Ariyadi. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari