JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (XL) tengah mengambil kuda-kuda untuk menghadapi tantangan industri tahun 2015 hingga beberapa tahun ke depan. XL menjanjikan peningkatan kualitas jaringan dan layanan demi menggenjot bisnis data dan digital tahun ini. Wakil Presiden Direktur XL Dian Siswarini menyatakan, tahun ini pihaknya akan mengalokasikan dana belanja modal untuk membangun dan memperluas jaringan agar dapat melayani masyarakat secara lebih luas. Ini juga akan menjadi pondasi untuk menopang pertumbuhan perusahaan ke depannya. "Alokasi investasi tahun ini, tidak berbeda jauh dengan nilai investasi di tahun-tahun sebelumnya, di mana sebagian besar di antaranya akan dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan data," kata Dian dalam siaran resminya, kemarin (27/1).
XL telah siap menjalankan sejumlah inisiatif khusus. Pada layanan digital, XL berfokus pada penyediaan berbagai layanan digital, termasuk juga
value added services (VAS) yang variatif dan inovatif. Sejumlah layanan digital yang terus dikembangkan oleh XL antara lain mencakup XCloud, Mobile Advertising, Mobile Content, juga Digital Entertaiment. Tidak ketinggalan, juga ada layanan XL Asuransi M2M, serta XL Tunai (M-Payment). Layanan-layanan tersebut terbukti mendapatkan respon yang positif dari pelanggan dan masyarakat. "Dalam satu tahun terakhir ini, bisnis layanan Digital Services XL mengalami pertumbuhan sekitar 50% dan telah melayani lebih dari 1.000 pelanggan korporat, serta didukung oleh lebih dari 10.000 mitra kerja," ungkapnya. Sementara itu, untuk peningkatan kualitas jaringan, XL memastikan langkah-langkah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan akan tetap terus dilakukan. Tahun 2015 ini, XL akan mengembangkan jangkauan layanan 4G hingga merata ke sejumlah wilayah di Indonesia, di antaranya Mataram-Lombok, Denpasar, Malang, Sidoarjo, serta Jakarta. Pada Desember 2014, XL telah meluncurkan secara komersil layanan 4G di Medan, Yogyakarta, dan Bogor.
Di sisi lain XL juga tetap akan menambah kapasitas layanan data 3G, sehingga akan memberikan kemudahan akses layanan data yang berkualitas untuk masyarakat. Perluasan daerah layanan area juga tetap dilakukan XL termasuk di wilayah-wilayah pelosok dan perbatasan wilayah Indonesia sesuai dengan ketentuan dari pemerintah yang diberikan kepada XL. "Tahun ini kami akan fokus pada peningkatan dan pencapaian target penjualan dan revenue, peningkatan kualitas pengalaman pelanggan (customer experience), peningkatan kapasitas menuju era teknologi 4G serta menjaga shareholders value. Tidak bisa dipungkiri, sejak diperkenalkannya layanan 4G akhir tahun kemarin menyebabkan tuntutan pelanggan terhadap layanan data dan digital akan makin tinggi," imbuh Dian. Hingga kuartal ketiga tahun 2014, pelanggan layanan internet XL mencapai sekitar 31,2 juta atau 53% dari total 58,3 juta pelanggan. Sementara itu pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone saat ini telah mencapai sekitar 14,6 juta pelanggan. XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 49 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Uji Agung Santosa