Simak strategi Ancol gaet pengunjung di liburan



JAKARTA. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) optimis musim liburan sekolah yang berbarengan dengan momen lebaran bisa mendongkrak jumlah pengunjung mulai 28 Juli 2014 sampai 17 Agustus 2014.

Direktur Pembangunan Jaya Ancol HaryoYunianyo mengatakan, musim pekan liburan merupakan momen dimana akan terjadi puncak kepadatan pengunjung. Untuk mengaet pengunjung, pihaknya memiliki strategi dengan menghadirkan wahana-wahana baru juga promo-promo menarik. Diantaranya diskon 50% di Atlantis, Samudra dan Dufan. Juga akan ada peluncuran film baru empat dimensi (4D) dan wahana baru di Dufan bernama Ice Age.

Untuk musim pekan liburan PJAA menargetkan adanya pengunjung hingga 1,2 juta selama pekan liburan lebaran 2014. Jumlah itu naik dibanding tahun lalu yang sebanyak 980.000-an. Untuk target sampai akhir tahun diperkirakan mencapai 20 juta pengunjung.


Lonjakan pengunjung hari ke 2, 3 dan 4 lebaran, yang merupakan 60%-70% peak seasons  PJAA. "Yang paling ramai saat liburan yaitu di daerah pantai dan ecopark," kata Haryo, kamis (10/7). Selain itu strategi lain selama Ramadan, pada  11-20 juli 2014 akan ada kampung Ramadan juga yang menjadi strategi PJAA untuk menarik pengunjung sambil berpuasa dan berlibur di Taman Impian Jaya Ancol. 

Pada tahun lalu pendapatan Taman Impian Jaya Ancol mencapai Rp 1 triliun. Sebagian besar pendapatan disumbang oleh arena bermain Dunia Fantasi (Dufan) sebanyak 30%. Sedangkan sekitar 40% berasal dari pendapatan karcis masuk, arena berenang Atlantis, dan Gelanggang Samudera. Sedangkan 30% sisanya berasal dari bisnis resort dan properti.

Nah dengan target menarik jumlah pengunjung hingga 20 juta sampai akhir tahun ini, Taman Impian berharap bisa meraup pendapatan sebesar Rp 1,4 triliun sampai akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa