Simak Tandanya Kalau Akun atau Nomor WhatsApp Diblokir dan Cara Menghindarinya



KONTAN.CO.ID - Simak tandanya kalau akun atau nomor WhatsApp diblokir dan cara menghindarinya. Tidak bisa login hingga menerima pesan eror menjadi penanda kalau akun atau nomor WA Anda telah diblokir oleh pihak WhatsApp, simak cara menghindari situasi tersebut.

Akun atau nomor WhatsApp Anda yang tiba-tiba eror atau mengalami kendala tertentu bukanlah tanpa sebab. Coba periksa lagi, apakah pesan atau notifikasi yang muncul ternyata berbunyi kalau akun WhatsApp Anda diblokir?

Lebih lanjut, akun atau nomor WhatsApp yang diblokir oleh pihak terkait akan menampilkan pesan yang berbunyi "Akun ini tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp".


Kalau Anda atau pengguna WA yang lain ternyata mendapatkan pesan tersebut saat membuka aplikasi, itu tandanya kalau akun atau nomor Anda diblokir.

Jangan panik dulu, sebab pemblokiran nomor atau akun ini ada yang bersifat sementara hingga permanen. Akun yang diblokir secara permanen juga bukan berarti tidak bisa digunakan lagi.

Baca Juga: Duh, Fitur Cadangan Chat WhatsApp ke Google Drive Bakal Dibatasi Mulai Bulan Depan

Akun atau nomor WhatsApp Anda akan diblokir sementara apabila melakukan tindakan sebagai berikut:

  • Menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi, misalnya GB WhatsApp atau semacamnya
  • Mengumpulkan informasi dengan cara scraping
Jika Anda kedapatan melakukan tindakan tersebut, maka pihak WhatsApp akan melakukan melakukan pemblokiran sementara. Bahkan jika tidak segera beralhi menggunakan aplikasi yang resmi, maka akan diblokir secara permanen.

Untuk mengetahui apakah akun Anda benar-benar diblokir atau tidak, ternyata ada tandanya lho. Berikut ini tandanya kalau akun atau nomor WhatsApp Anda sedang diblokir.

Tandanya kalau akun atau nomor WhatsApp diblokir:

  • Tidak bisa login
  • Melihat pesan eror yang muncul di layar
Seperti yang telah dijelaskan pada beberapa poin di atas, penyebab kalau akun atau nomor WhatsApp diblokir di antaranya karena menggunakan aplikasi yang tidak resmi atau mengumpulkan informasi dengan cara scraping.

Agar terhindar atau setidaknya aman dari pemblokiran akun atau nomor, Anda dapat mengikuti cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berdasarkan informasi resmi dari laman Pusat Bantuan WhatsApp, berikut ini cara agar akun atau nomor WA tidak diblokir.

Baca Juga: Cara Melihat dan Menghapus Histori Penelusuran YouTube dengan Mudah di Aplikasi

Cara menghindari agar akun atau nomor WhatsApp tidak diblokir

Cara untuk menghindari akun diblokir pada WhatsApp adalah dengan mematuhi beberapa poin berikut ini:

  • Meminta izin dari kontak Anda sebelum menambahkan ke sebuah grup.
  • Berkomunikasi hanya dengan pengguna yang Anda kenal dan mereka yang berkenan menerima pesan dari Anda.
  • Jika tidak diminta, jangan mengirim promosi atau pesan berulang kali.
  • Harap ikuti Ketentuan Layanan WhatsApp.
  • Unduh atau download WhatsApp hanya dari sumber terpercaya, misalnya Google Play Store atau Play Store. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi web resmi WhatApp untuk download WA atau aplikasi WhatsApp Business.
Dengan mematuhi beberapa poin di atas, besar kemungkinan akun atau nomor WhatsApp yang Anda gunakan akan terhindar dari pemblokiran.

Itulah pembahasan seputar WhatsApp mulai dari tandanya ketika akun atau nomor WhatsApp diblokir hingga bagaimana cara menghindarinya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News