Simak Waktu yang Tepat Harus Ganti HP Baru Beserta Tanda-tandanya



MOMSMONEY.ID - Mengganti HP baru bukanlah hal yang sering dilakukan. Ada kalanya, perlu mengganti HP  baru karena sudah usang dan lama. Artikel ini memberikan informasi mengenai waktu yang tepat harus ganti HP baru. 

Ada beberapa waktu yang tepat harus ganti HP baru beserta tanda-tandanya. Anda dapat menyimak artikel ini. 

Secara umum, ponsel cerdas Android bertahan 3-5 tahun, tetapi banyak faktor yang dapat memperpendek atau memperpanjang masa pakainya.


Baca Juga: 10 Tanda Anda Perlu Ganti HP, Catat Sebelum Terlambat

Faktor terpenting dalam seberapa lama ponsel Android bertahan adalah bagaimana Anda memperlakukannya. Ponsel yang Anda rawat dengan baik akan bertahan lebih lama daripada ponsel yang Anda jatuhkan, basahi dengan air, atau perlakukan dengan buruk.

Faktor kunci lainnya dalam seberapa lama ponsel Android biasanya bertahan adalah apakah ponsel tersebut merupakan ponsel terbaik saat Anda membelinya.

Ponsel kelas atas bertahan lebih lama daripada ponsel biasa karena memiliki penyimpanan yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat, kamera yang lebih baik, dan fitur-fitur canggih lainnya yang membuatnya tetap berguna lebih lama daripada model yang biasa-biasa saja.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Fitur AI Apple di iPhone Series Lama Tanpa Harus Ganti HP

Nah, berikut tanda-tanda Anda perlu mengganti HP:

1. Kecepatan 

Kecepatan dan respons sebagian besar ponsel menurun seiring waktu. Ada cara untuk mempercepat ponsel Android, tetapi ponsel yang lambat adalah alasan yang bagus untuk melakukan pemutakhiran.

2. Baterai 

Banyak ponsel Android memiliki baterai yang dapat diganti. Hitung biaya baterai baru. Namun, jika baterai dan hal lain tidak memenuhi kebutuhan Anda, memutakhirkan seluruh ponsel mungkin lebih masuk akal.

3. Penyimpanan

Banyak Android memiliki penyimpanan yang dapat diperluas, tetapi ponsel baru biasanya menyediakan lebih banyak ruang penyimpanan.

4. Kamera 

Fitur yang paling andal ditingkatkan pada model ponsel baru adalah kamera. Jika kamera ponsel Anda saat ini tidak memenuhi kebutuhan, model yang lebih baru kemungkinan besar akan memenuhinya.

Baca Juga: Simak Cara Memindahkan M-Banking BCA Ke HP Baru Dengan Mudah

5. Kerusakan 

Jika bodi atau layar ponsel Anda retak atau rusak, atau jika port, tombol, atau speaker tidak berfungsi dengan benar, mungkin lebih baik membeli ponsel baru daripada memperbaikinya.

6. Pembaruan OS

Menjalankan versi Android terbaru di ponsel Anda sangat penting untuk keamanan dan privasi. Jika ponsel Anda tidak bisa lagi mendapatkan pembaruan versi OS Android utama, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli yang baru.

Menjawab "ya" untuk salah satu pertanyaan ini saja mungkin bukan alasan yang cukup untuk melakukan pembaruan (tetapi Anda akan tahu apa yang masuk akal bagi Anda dan anggaran Anda), tetapi jika Anda menjawab "ya" untuk beberapa pertanyaan, mungkin sudah waktunya untuk membeli ponsel baru.

Nah, itulah informasi mengenai waktu yang tepat harus ganti HP baru. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Kinerja Emiten Kawasan Industri Masih Penuh Tantangan, Simak Rekomendasi Sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria