SIMP rambah bisnis penyewaan alat berat



JAKARTA. Perusahaan perkebunan keluarga Salim, PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) mendirikan anak usaha baru, PT Prima Sarana Mustika (PSM). Perusahaan ini merupakan hasil patungan SIMP dengan anak usaha PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), PT Wahana Inti Selaras (WIS). 

Dalam keterbukaan informasi, Selasa (4/2), SIMP menyatakan PSM didirikan dengan modal dasar sebesar Rp 50 miliar dan modal ditempatkan Rp 15 miliar. SIMP menyumbang Rp 6 miliar atau 40% dari ditempatkan tersebut. 

Sementara sisanya merupakan kontribusi WIS. Perusahaan patungan itu nantinya akan bergerak di beberapa bidang yang beragam, seperti jasa penyewaan alat-alat berat, pengangkutan dan perdagangan alat-alat pertanian. 


Ini menjadi ekspansi teranyar perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Grup Salim. Di tahun lalu, unit usaha makanan minuman Grup Salim juga rajin menggelar ekspansi. Pada September 2013, PT Indofood CBP Tbk (ICBP) telah menyelesaikan akuisisi PT Pepsi-Cola Indobeverages (PCIB). 

Akuisisi PCIB dilakukan dua anak usaha ICBP, yaitu PT Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB) dan PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM). Dua perusahaan itu masing-masing mengakuisisi 15.000 dan 264,11 juta saham PCIB senilai US$ 30 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan