Simpanan Nasabah Perorangan Hanya Tumbuh 1% di Agustus, Paling Lambat Sepanjang 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simpanan nasabah perorangan yang terhimpun dalam Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami tren perlambatan di Agustus 2024. Bahkan, pertumbuhannya menjadi yang paling lambat sepanjang tahun ini berjalan.

Laporan uang beredar Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan DPK perorangan per Agustus 2024 hanya mencapai 1% secara tahunan (YoY). Ini melambat dari bulan sebelumnya yang bisa mencapai 2,1% YoY.

Jika melihat secara tren sepanjang 2024, tren DPK perorangan memang mengalami perlambatan sejak awal tahun. Mengingat, di Januari 2024, DPK perorangan bisa tumbuh hingga 5,4% YoY.


Tren pertumbuhan tersebut pun kian menyusut hingga di periode Juni 2024 menyentuh level terendah di 1,4% YoY. Kini, di Agustus 2024 semakin menyusut dengan hanya tumbuh 1% YoY.

Baca Juga: Laju Pertumbuhan DPK Melambat, Agustus Terendah Sejak 6 Bulan

Secara rinci, untuk nasabah perorangan, hanya DPK tabungan saja yang mencatatkan pertumbuhan dan itu pun menyusut. Dari bulan sebelumnya tumbuh 5,2% YoY menjadi 5,1% YoY.

Sementara itu, simpanan berjangka dan giro untuk nasabah perorangan justru mengalami penurunan. Padahal, untuk simpanan berjangka sendiri, bulan lalu masih tumbuh.

Per Agustus 2024, simpanan berjangka perorangan mengalami penurunan 2% YoY. Pada bulan sebelumnya, simpanan dalam bentuk itu masih tumbuh 0,5% YoY.

Dari sisi nilai, DPK perorangan paling banyak untuk jenis simpanan tabungan. Nilainya pada periode Agustus 2024 mencapai Rp 2.459,1 triliun dari total DPK perorangan senilai Rp 4.075,9 triliun.

Selanjutnya: Bangun Pabrik Manufaktur OLED, Samsung Investasi US$ 1,8 miliar di Vietnam

Menarik Dibaca: Ini Tanda Keberadaan Tikus Cara Mencegahnya masuk Rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari