Simpati Beyoncé, Kim Kardasian dan lainnya untuk George Floyd tumpah di media sosial



KONTAN.CO.ID - MINNEAPOLIS. Kematian George Floyd, pria kulit hitam Amerika berusia 46 tahun di Minneapolis  memantik banyak perhatian khalayak. Isu rasial menyeruak hingga banyak tokoh penting hingga publik figur menyuarakan keadilan lewat platform media sosial mereka.  

Beyoncé, LeBron James, Katie Holmes dan Kim Kardashian West hanyalah beberapa tokoh publik yang bersatu dalam kesedihan dan kemarahan dan menyerukan keadilan, setelah kematian George Floyd.

Awal pekan ini, rekaman dirilis secara online menunjukkan Floyd, yang adalah orang Afrika-Amerika, berjuang untuk bernafas, dan berteriak, 'Saya tidak bisa bernapas' dan 'Jangan bunuh saya' sementara seorang petugas polisi kulit putih berlutut di lehernya selama beberapa menit. Terlihat petugas lain hanya berdiri.

Floyd, seorang ayah berusia 46 tahun, meninggal kemudian di rumah sakit.

Baca Juga: Cerita tragis kematian pria kulit hitam George Floyd di dengkul polisi Minneapolis

Seperti dikutip Elle, Video menyedihkan, yang difilmkan pada hari Senin (25/5) di Minneapolis, Minnesota, menggambarkan insiden lain dalam sejarah panjang orang kulit hitam sekarat setelah berurusan dengan petugas polisi kulit putih. Ini memicu protes di kota dan di Los Angeles dengan kelompok-kelompok aktivis, mengenakan t-shirt dan memegang tanda-tanda yang mengatakan, 'Saya tidak bisa bernapas,' menyerukan diakhirinya kebrutalan polisi dan menuntut keadilan sosial bagi Floyd.

Beyonce, penyanyi wanita yang lahir di Houston Texas membagikan foto Floyd bersama sebuah penghargaan di situs webnya.

Sementara Kim Kardahshian di akun Twitternya mengunduh cuitan dengan tagar Justice ForGeorgeFloyd dan menyematkan ikon hati yang patah di depannya pada Rabu (27/5). 

LeBron James, pemain basket AS mengunduh fotonya di Instagram menggunakan kaus bertuliskan I can't breathe dengan caption tulisan STILL!!!! yang diikuti emoticon mengumpat, sedih sekaligus marah. 

Naomo Campbell, supermodel berkulit hitam ini juga menunjukkan simpatinya dengan memposting foto berlatar belakang hitam dengan tulisa putih "Black men are not your enemy". 

Ada pula Katie Holmes, aktris yang juga mantan istri Tom Cruise, memposting foto Floyd di Instagram dengan caption mengambil tulisan dari James Baldwin yang bertuliskan "It is certain, in any case, that ignorance allied with power is the most ferocious enemy justice can have“.

"Saya mengirim cinta kepada keluarga dan teman-temannya. Ini memilukan," ujar Holmes.

Baca Juga: Protes merebak di banyak kota AS, insiden di Minneapolis gagal diredam

Sementara penyanyi Shawn Mendes lewat yayasannya The Shawn Mendes Foundation membuka donasi untuk mendukung gerakan keadilan untuk Floyd. 

Editor: Rizki Caturini