KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Eka Selaras Tbk (
ERAL) atau Erajaya Active Lifestyle (EAL) berkomitmen akan membagikan dividen sebanyak-banyak 30% dari laba bersih yang diperoleh pada 2024. Sebagai informasi, ERAL tercatat mengantongi pertumbuhan laba bersih dalam dua tahun terakhir. Erajaya Active Lifestyle membukukan pendapatan Rp 3,04 triliun pada 2022 dengan rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR) antara 2020–2022 sebesar 24,11%. Pencapaian tersebut didapat dari dukungan penjualan melalui 28
mono-brand store, 36
multi-brand store, 56
distribution centre, serta
official stores di tiga
platform e-commerce yaitu Tokopedia, Shopee, dan Blibli. Laba bersih ERAL pada akhir 2022 mencapai Rp 184 miliar, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan antara 2020–2022 sebesar 58,60%.
“Kami melihat potensi bisnis yang sudah berjalan cukup bagus dan berharap pula ada pertumbuhan kinerja, kami memiliki kebijakan untuk membagikan dividen per tahun sebanyak-banyak 30% dari laba bersih yang diperoleh, kami berharap nanti ada pembagian dividen dan kinerja perusahaan juga bagus,” kata Presiden Direktur Sinar Eka Selaras Djohan Susanto, Senin (17/7).
Baca Juga: Perkuat Jaringan Ritel, Begini Strategi Sinar Eka Selaras (ERAL) Djohan tidak merinci target pertumbuhan kinerja di 2023. Tetapi dia berharap pendapatan dan laba bersih dapat melanjutkan tren pertumbuhan rata-rata dalam dua tahun terakhir. Hingga akhir kuartal I 2023, lebih dari 50% pertumbuhan ekonomi nasional dikontribusikan dari sektor konsumsi. Sementara itu mengutip data Badan Pusat Statistik, pada periode tersebut, sektor konsumsi mencatatkan pertumbuhan 4,54% secara tahunan. “Kami yakin sekali bahwa kesempatan ini masih cukup kuat dan perusahaan ini masih cukup agresif untuk mengembangkan toko dan terus mengembangkan produk-produk, melihat daya beli konsumsi masyarakat sudah normal, makannya kami yakin untuk tumbuh,” lanjut Djohan.
Baca Juga: Pasca IPO, Sinar Eka Selaras (ERAL) Akan Gencar Buka Gerai Erajaya Active Lifestyle adalah entitas anak usaha Erajaya Group yang fokus di kegiatan pemasaran, distribusi dan jaringan ritel produk
active lifestyle. Termasuk produk Internet of Things (IoT) dan ekosistemnya, perangkat
lifestyle, smart home dan produk-produk
active fashion. Selain itu, ERAL sebagai bagian dari Erajaya Group memiliki jangkauan lebih dari 6,5 juta
member MyEraspace yang ada di layanan
e-commerce eraspace.com. Erajaya Active Lifestyle hingga akhir Maret 2023 telah mengoperasikan lebih dari 70
outlet ritel di bawah bendera ritel Urban Republic, Garmin Brand Store, DJI Experiences Store, JD Sports, ASICS dan lain-lain.
Baca Juga: Bidik Dana IPO Rp 425 Miliar, Sinar Eka Selaras (ERAL) Akan Pergunakan Untuk Tiga Hal Hingga saat ini, ERAL telah memiliki berbagai portofolio merek papan atas untuk sejumlah segmen produk di sektor ritel. Di segmen Accessories (
ecosystem), ERAL membawahi berbagai
brand produk papan atas, seperti Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi, Playstation, Microsoft, dan JBL.
Di segmen Internet of Things (IoT), ERAL membawahi
brand DJI, Garmin, GoPro, Marshall, Segway dan sebagainya. Kemudian di segmen
sportswear, fashion, dan
outdoors, ERAL memiliki portofolio brand JD Sports, ASICS, serta Urban Adventure.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Wahyu T.Rahmawati