KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Eka Selaras Tbk (
ERAL) atau Erajaya Active Lifestyle berhasil mencetak pertumbuhan kinerja positif hingga kuartal III-2024.
Manajemen mengungkap, salah satu faktor pendorongnya yakni kenaikan penjualan pada semua kategori produk ERAL. Menurut Direktur Utama Erajaya Active Lifestyle Djohan Sutanto, hampir semua kategori produk di ERAL mengalami pertumbuhan yang cuma merata.
“Kami bersyukur masih dapat tumbuh di tengah tengah ketatnya kompetisi,” ungkap Djohan, kepada Kontan.co.id, Senin (25/11).
Merujuk laporan keuangan, penjualan neto ERAL mengalami kenaikan dari
Rp 2,69 triliun pada kuartal III-2023, menjadi Rp 3,43 triliun per kuartal III-2024.
ERAL mengantongi laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 157,32 miliar hingga September 2024. Angka ini menurun dibandingkan Rp 164,26 miliar pada posisi yang sama tahun sebelumnya.
Baca Juga: Sinar Eka Selaras (ERAL) Tambah Penyertaan Modal di Anak Usaha Sebagai salah satu strategi pertumbuhan, ERAL juga getol lakukan ekspansi jaringan ritel pada tahun ini. Per akhir September 2024 lalu, ERAL tercatat
mengoperasikan total 145 gerai di Indonesia. Djohan memerinci, pada kuartal ketiga lalu ERAL telah merealisasikan penambahan gerai sebanyak lima toko. Sebagai penutup tahun 2024, ERAL juga berencana melakukan penambahan toko di kuartal IV-2024 sebanyak 25 toko.
“Kami memprediksikan adanya penambahan toko di kuartal IV-2024, baik organik maupun non organik sekitar 25 toko,” jelasnya.
Di samping ekspansi gerai, strategi yang dijalankan ERAL untuk maksimal-kan penjualan di sisa 2024 adalah dengan penambahan brand dan produk baru.
Adapun, hingga saat ini ERAL telah menyerap alokasi belanja modal atau
capital expenditure (capex) sekitar kurang lebih 30% dari total capex yang disiapkan sebanyak Rp 140 miliar. Namun sayang, Djohan tak memerinci penggunaan capex tersebut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Anna Suci Perwitasari