Sinar UV Berbahaya Diperkirakan Masih Berlangsung Hari Ini!



MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 18 November 2023 

BMKG memprediksi wilayah Indonesia masih akan mengalami paparan sinar UV berbahaya pada Sabtu, 18 November 2023. 

BMKG memprediksi paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 07.00 WIB atau 09.00 WIT. Pada jam ini, Sulawesi, sebagian Kalimantan, Maluku dan Nusa Tenggara bakal alami paparan sinar UV berbahaya sedang. 


Baca Juga: Dapatkan Gratis Voucher Sewa Mobi & Jemput Bandara Hingga Rp Rp100.000 di Tiket.com

Kemudian pada pukul 08.00 WIB pagi, sinar UV berbahaya sangat tinggi akan meliputi Papua. Pada pukul tersebut atau 09.00 WITA Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara pada waktu ini akan naik ke level bahaya tinggi. 

Indeks paparan sinar UV berbahaya akan terus meningkat sejak pukul 07.00 WIB di setiap wilayah di Indonesia. Sehingga ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Sabtu, 18 November 2023:

  • 08.00 WIB: hampir seluruh wilayah Papua dan Maluku mulai alami bahaya sinar UV level bahaya sangat tinggi. 
  • 09.00 WIB: Seluruh wilayah Papua alami bahaya sinar UV level sangat ekstrem. Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Jawa alami bahaya sinar UV level sangat tinggi.
  • 10.00 WIB: Seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, Jawa dan sebagian kecil Kalimantan akan mengalami bahaya sinar UV ekstrem. Sebagian besar Kalimantan alami sinar UV berbahaya sangat tinggi.
  • 11.00 WIB: Sebagian kecil Papua, seluruh Maluku, Sulawesi, sebagian Kalimantan, Nusa Tenggara, Bali dan Jawa alami sinar UV berbahaya ekstrem. Sebagian Kalimantan, Sumatera dan Papua alami sinar UV bebahaya sangat tinggi. 
  • 12.00 WIB: Perairan Sumatera, sebagian Kalimantan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV berbahaya level ekstrem. Wilayah Indonesia Timur alami sinar UV berbahaya level sangat tinggi. 
Adapun puncak paparan sinar UV berbahaya di Indonesia akan terjadi sejak pukul 09.00 WIB, 10.00 WITA dan 11.00 WIT hingga 14.00 WIB, 15.00 WITA dan 16.00 WIT. Kemudian sinar UV dalam level aman akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 14.00 WIB dan segera menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Kolaborasi Asuransi dan Edukasi, CAR Life Insurance dan Cakap Tingkatkan Kualitas SDM

Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi , Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta