Sinar UV Hari Ini Masih Berbahaya, Simak Jadwal & Sebarannya



MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 20 Januari 2024, meski telah memasuki musim hujan. 

Sinar UV berbahaya yang melanda Indonesia dimulai dari level sedang hingga sangat esktrem. Bila melihat polanya, sinar UV berada di level bahaya tinggi hingga ektrem mulai pukul 10.00. Kemudian, akan mereda dan aman setelah pukul 16.00.

Bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 


Baca Juga: Banyak Libur Panjang, Ini Rekomendasi Mengajukan Cuti Tahunan 2024

Sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua mulai pukul 10.00 WIT. Kemudian, level bahaya sinar UV bakal meningkat di Papua menjadi ekstrem menuju pukul 12.00 WIT dan mereda pada pukul 16.00 WIT. Begitu pula dengan kondisi di Maluku. 

Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA hingga pukul 13.00 WITA.

Indeks bahaya sinar UV mereda mulai pukul 15.00 WITA. Namun, kondisi baru benar-benar aman pada pukul 16.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa terpapar sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WIB. Tapi, sinar UV hanya berada di sebagian Kalimantan Utara dan pesisir utara Jawa. 

Puncaknya akan terjadi pukul 12.00 WIB di Pulau Jawa. Kemudian, kondisi berangsur pulih pada pukul 14.00 WIB. Kondisi benar-benar aman setelah pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Begini Penjelasan ILO soal Ketentuan Cuti Melahirkan bagi Karyawan Kontrak Perempuan

Puncak bahaya sinar UV level ekstrem akan dirasakan di Sumatera mulai pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB. Kondisi kembali pulih pada pukul 16.00 WIB. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta