MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar tentang
skill set? JIka belum, ketahui penjelasannya di artikel ini. Pada masa kini
skill set adalah keahlian yang menjadi perhatian khusus sebuah perusahaan. Terutama dalam mempekerjakan pegawai yang berkualitas.
Skill set sendiri adalah gabungan dari
skill, kemampuan, dan kualitas kepribadian yang berkembang melalui pengalaman bekerja.
Masing-masing orang memiliki seperangkat
skill yang berbeda-beda. Tergantung dari ketertarikan, kemampuan alami, kualitas personal, dan
skill teknik yang dimiliki.
Baca Juga: 3 Website Besar Ini Sediakan Lowongan Kerja Freelance Besar-Besaran Hal-hal tersebut bisa diperoleh dan ditingkatkan melalui pendidikan dan pengalaman. Biasanya
skill set ini adalah gabungan juga dari
soft dan
hard skill.
Soft skill adalah keterampilan yang dimiliki secara alamiah.
Skill ini berhubungan dengan cara bekerja dan
personality seseorang.
Soft skill sendiri bisa dalam bentuk komunikasi baik, kemampuan untuk mendengarkan, bekerja dalam tim, berpikir kritis, penyelesaian masalah, dan empati dalam bekerja. Sedangkan
hard skill adalah
skill yang bisa dipelajari. Pengetahuan umum dan teknis adalah hal yang diminta sebagai persyaratan bekerja. Contoh dari
hard skill adalah berhitung,
computer programming, data analysis, dan
accounting.
Baca Juga: 3 Platform Besar Ini Sediakan Pelatihan Skill Gratis Bersertifikat Memiliki
skill set sangat penting dalam mencari kerja di masa kini.
Skill set dapat membantu Anda memiliki rasa percaya diri saat
interview, sehingga dapat membuat peluang diterima bekerja menjadi lebih besar. Pada masa kini, kemampuan untuk menerapkan kedua
skill,
soft skill dan
hard skill bukanlah perkara yang mudah. Bisa saja seseorang pandai dalam
hard skill namun tidak mampu bekerja sama dengan baik dengan orang-orang di lingkungan bekerjanya. Menurut
Forbes, ada lima besar
skill yang harus Anda miliki agar mampu sukses bertahan di tempat kerja.
Skill tersebut adalah:
Baca Juga: Mengenal Apa Itu KOL dan Fungsinya Dalam Digital Marketing, Beda Dengan Influencer 1. Kemampuan untuk belajar 2. Tahan banting 3. Kelincahan 4. Bekerja sama
5. Komunikasi verbal Jika Anda bisa memiliki keterampilan-keterampilan tersebut maka Anda akan mudah dan mampu bertahan dalam lingkungan kerja. Maka itu, selain penting untuk menambah
hard skill, mengasah kemampuan
soft skill juga harus dikembangkan untuk melengkapi
skill set Anda. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Christ Penthatesia