Skutik makin menggelitik tahun ini



JAKARTA. Sepeda motor tipe skuter otomatis alias skutik masih menjadi andalan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor domestik untuk menggenjot penjualan ditahun ini. Dua tahun belakangan ini, skutik terus melahap porsi penjualan sepeda motor nasional.  

Bila tahun 2011, penjualan skutik memangsa 51,6% dari total penjualan sepeda motor nasional yang sebanyak 8,04 juta unit, tahun lalu, sudah melahap sekitar 59,3% dari total penjualan sepeda motor yang sebesar 7,14 juta unit (lihat tabel).

Sigit Kumala, Ketua Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) skutik sudah menjadi motor terlaris saat ini lantaran pengoperasiannya yang mudah tanpa gigi. "Skutik paling fleksibel dan bisa dikendarai oleh siapa saja," katanya kepada KONTAN akhir pekan lalu.


Ia pun yakin, meski pertumbuhan penjualan sepeda motor domestik tahun ini akan stagnan akibat imbas penerapan uang muka kredit minimal, penjualan skutik masih terus menderu. "Saya perkirakan, pangsa motor skutik tahun ini di atas 60% dari total penjualan motor nasional," timpalnya.

Para pabrikan sepeda motor domestik sendiri memang tengah berupaya menggenjot penjualan skutik. Apalagi bagi PT Astra Honda Motor (AHM) yang menguasai pasar motor skutik nasional, yakni sebesar 67% dengan total penjualan mencapai 2,86 juta unit tahun lalu. Hasil penjualan skutik Honda tahun lalu sudah sanggup menopang hingga 70% dari total penjualan Astra Honda yang mencapai 4,09 juta unit. Penopang terbesar penjualan Astra Honda di tipe ini adalah Honda Beat yang terjual sebanyak 1,46 juta unit tahun lalu.

Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, yakin penjualan Astra Honda tahun ini bakal tumbuh positif terdorong dari keberadaan Honda Beat versi terbaru yang berteknologi injeksi yang meluncur di pasar sejak Oktober 2012. Thomas menargetkan hingga akhir tahun ini, Astra Honda Motor diharapkan bisa menguasai pasar sepeda motor nasional antara 63%-65%. "Tahun ini, skutik masih tetap menjadi nomor satu," ucapnya.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menikmati kue penjualan skutik tahun lalu sebanyak 1,25 juta unit atau 29,5% dari pangsa pasar skutik nasional. Skutik Yamaha pun menopang 51% dari total penjualan Yamaha di 2012 sekitar 2,43 juta unit.

Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication and Community Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyatakan tahun ini Yamaha akan menggenjot penjualan di segmen skutik. Mereka sudah melansir produk skutik teranyar yakni Yamaha Soul GT dan Yamaha Xeon RC yang memakai teknologi injeksi.

Menurut Eko, langkah Yamaha ini untuk bisa menaikkan angka penjualan Yamaha tahun ini yang ditargetkan sebesar 2,7 juta unit. Tahun lalu, penjualan Yamaha mencapai 2,6 juta unit.

Manager Pemasaran 2W PT Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya mengatakan, Suzuki juga tidak mau ketinggalan mengupayakan menggenjot penjualan skutik. Tahun lalu, skutik Suzuki memberi kontribusi cukup lumayan yakni sebesar 26,6% atau mencapai  123.879 unit dari total penjualan motor Suzuki yang sebesar 465.630 unit. Produk andalan adalah skutik Nex yang terjual 73.692 unit tahun lalu.

Yohan yakin, motor skutik masih mendominasi penjualan sepeda motor. Apalagi adanya kenaikan upah minimum pekerja tahun ini membuat daya beli jadi naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon