JAKARTA. Program bundel (bundling) masih menjadi andalan operator seluler menggenjot jumlah pelanggan. Termasuk operator seluler bebasis code division multiple access (CDMA). PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). Jumlah pelanggan operator ini sampai kuartal III-2013 sudah mencapai 12,5 juta pelanggan. Dari jumlah tersebut, sekitar enam juta pelanggan merupakan pelanggan data. Rinciannya 4,1 juta pelanggan adalah pengguna modem dan dua juta pelanggan adalah pengguna ponsel pintar. Menurut Deputy Chief Executive Officer Smartfren Telecom Djoko Tata Ibrahim, sekitar 60% pelanggannya berasal dari aktivasi bundel. "Tahun lalu, pelanggan baru berasal dari penjualan kartu perdana. Tahun ini, kami kurangi porsi kartu perdana dari 80% menjadi 40%. Tahun depan, porsinya bisa tinggal 25%-30%," papar Djoko Senin kemarin (28/10).
Smarfren andalkan bundel dongkrak pelanggan
JAKARTA. Program bundel (bundling) masih menjadi andalan operator seluler menggenjot jumlah pelanggan. Termasuk operator seluler bebasis code division multiple access (CDMA). PT Smartfren Telecom Tbk (FREN). Jumlah pelanggan operator ini sampai kuartal III-2013 sudah mencapai 12,5 juta pelanggan. Dari jumlah tersebut, sekitar enam juta pelanggan merupakan pelanggan data. Rinciannya 4,1 juta pelanggan adalah pengguna modem dan dua juta pelanggan adalah pengguna ponsel pintar. Menurut Deputy Chief Executive Officer Smartfren Telecom Djoko Tata Ibrahim, sekitar 60% pelanggannya berasal dari aktivasi bundel. "Tahun lalu, pelanggan baru berasal dari penjualan kartu perdana. Tahun ini, kami kurangi porsi kartu perdana dari 80% menjadi 40%. Tahun depan, porsinya bisa tinggal 25%-30%," papar Djoko Senin kemarin (28/10).