Smartphone dorong laba Samsung kuartal III jauh di atas ekspektasi 28 analis



SEOUL. Samsung Electronics Co melaporkan bahwa perolehan laba pada kuartal III 2011 melebihi ekspektasi analis. Produsen smartphone terbesar kedua di dunia ini berhasil menjaring laba senilai 4,2 triliun won atau setara dengan US$ 3,6 miliar.

Sebelumnya, 28 analis yang disurvei Bloomberg memprediksi keuntungan bersih perusahaan yang berbasis di Suwon Korea Selatan ini hanya 3,7 triliun won. Rupanya, permintaan smartphone jenis Galaxy yang diterima Samsung membeludak dan berhasil mendongkrak kinerja keuangan.

Menanggapi laporan ini, saham Samsung naik ke level tertinggi tiga bulan terakhir. Sebelumnya, Samsung bergabung dengan HTC mengembangkan perangkat lunak berbasis Android. Laba yang diperoleh ini memang masih di bawah perolehan Apple.


"Jelas ini merupakan kinerja yang mengagumkan, sepertinya ada kejutan besar di sisi smartphone," tutur Lee Seung Woo analis Shinyoung Securities Co.

Samsung naik sebanyak 3% menjadi 881.000 won di Seoul, level intraday tertinggi sejak 8 Juli 2011. Sekedar membandingkan, pada 2010 Samsung berhasil menggaet laba hingga 4,86 triliun won.

Editor: