Smelter Terbakar, Freeport Bakal Ajukan Perpanjangan Izin Ekspor Konsentrat Tembaga



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Freeport Indonesia (PTFI) berencana kembali mengajukan perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga imbas kebakaran fasilitas pabrik asam sulfat di Smelter Manyar, Gresik pada Senin (14/10).

President and Chief Executive FCX Kathleen Quirk dalam Laporan Kuartal III 2024 menyebutkan, insiden kebakaran yang terjadi menyebabkan fasilitas smelter baru memerlukan upaya perbaikan.

"PT Freeport Indonesia (PTFI) kini tengah bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk memberikan izin ekspor konsentrat tembaga hingga operasional smelter kembali pulih," ungkap Kathleen, dikutip Rabu (23/10).


Sebelumnya, PTFI memperoleh izin ekspor konsentrat tembaga dan lumpur anoda pada 2 Juli 2024 yang berlaku hingga Desember 2024. Sesuai peraturan yang ada, PTFI berkewajiban membayar 7,5% bea ekspor untuk konsentrat tembaga.

Baca Juga: Sudah Penuhi Syarat, Freeport dan MIND ID Bahas Perpanjangan Izin dan Divestasi 10%

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengungkapkan investigasi secara menyeluruh tengah dilakukan pasca insiden kebakaran smelter Manyar pada Senin, 14 Oktober 2024.

Tony menjelaskan, insiden kebakaran telah sepenuhnya ditangani. Pihaknya telah melakukan beberapa kali tahapan pengujian serta melewati tahapan trial & error beberapa kali sejak Juni-September 2024.

"Namun memang yang terjadi ini adalah suatu musibah dan kami sangat menyesali kejadian tersebut. Saat ini kami me-review kembali seluruh proses agar tidak terulang kembali," ungkap Tony dalam keterangan video yang diperoleh Kontan, Selasa (15/10).

Tony menjelaskan, kebakaran melanda fasilitas gas cleaning plant atau tempat pemisahan gas bersih.

Fasilitas ini dinilai berperan penting untuk menjalankan produksi yang ramah lingkungan. Pasalnya gas CO2 hasil produksi dapat dikonversi menjadi asam sulfat untuk bahan baku pupuk dan kebutuhan lainnya.

"Kami akan melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab kebakaran dan melakukan assesment terhadap kerusakan yang terjadi," imbuh Tony.

Baca Juga: Sinergi dengan CUAN, Petrosea (PTRO) Beberkan Rencana Ekspansi dan Peluang Akuisisi

Selanjutnya: BPJamsostek Perlu Subsidi Iuran Bagi Pekerja Informal, Ini Kata Legislator

Menarik Dibaca: Kupas Isu Keberlanjutan Hingga Kesenjangan di DBS Foundation Bestari Festival

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati