Soal Budi, KPK akan bertemu dengan Jokowi



JAKARTA. Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto mengatakan pihaknya akan berkomunikasi lebih lanjut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai pengangkatan Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Kapolri.

"Sore tadi, Abraham Samad sudah berkomunikasi dengan Pratikno selaku Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara). Tapi kami dalam posisi menunggu untuk komunikasi lebih lanjut," ujar Bambang, Rabu (14/1).

Menanggapi Komisi III DPR yang meluluskan fit and proper tes Budi Gunawan sebagai Kapolri, Bambang menyatakan bahwa itu merupakan wewenang dari DPR, sementara KPK tetap berpijak pada fungsi utama penegakan hukum.


Bambang menegaskan bahwa KPK akan terus bersikap profesional dalam mengambil sikap. Seperti yang pernah dilakukan pada beberapa pejabat yang sudah ditetapkan sebagai tersangka karena tersangkut tindak korupsi.

"Sebelumnya Hamid Bintih kami minta tidak untuk dilantik, lalu anggota dewan yang jadi tersangka kami minta tidak dilantik," tandas Bambang. Hal itu, lanjut Bambang, membuktikan bahwa KPK tetap konsisten.

Mengenai pertemuan dengan Jokowi, saat ini KPK masih menunggu kabar dari Istana. "Kemungkinan ada pertemuan malam ini, tapi tentatif," kata Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan