KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) menggelar penawaran umum perdana saham alias Initial Public Offering (IPO). PACK menawarkan sebanyak-banyaknya 308 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 10 setiap saham, mewakili 20,03% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Harga penawaran berada pada rentang Rp 110 - Rp 162 per lembar saham. Estimasi dana yang akan dihimpun dari IPO sebanyak-banyaknya Rp 49,89 miliar. PT NH Korindo Sekuritas Indonesia bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek.
Setelah dikurangi biaya-biaya emisi, sekitar 21% dari dana hasil IPO akan digunakan untuk belanja modal atau capital expenditure (capex). Baca Juga: Ada 57 Perusahaan Mengantre IPO, OJK: Dua Berasal dari BUMN Belanja modal dipakai untuk pengembangan sistem informasi dan teknologi FlexyPack System 2.0 dengan jangka waktu 4 tahun. Sisanya, sekitar 79% akan digunakan untuk modal kerja, dengan rincian sekitar 19% untuk biaya pemasaran dan promosi baik secara offline marketing serta digital marketing. Selanjutnya, sekitar 60% akan dipakai untuk keperluan modal kerja seperti bahan baku produksi. Bersamaan dengan IPO ini, PACK juga akan menebitkan sebanyak-banyaknya 61,6 juta Waran Seri I, yang akan diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang saham baru dengan perbandingan 5 saham baru mendapatkan 1 Waran Seri I.