Solusi Rambut Berketombe, Ini 4 Cara Mudah Hilangkan Ketombe di Kulit Kepala!



MOMSMONEY.ID - Ketombe adalah permasalahan kulit kepala yang kerap menjadi gangguan karena memberikan sensasi gatal.

Biasanya ketombe muncul pada orang dewasa karena banyak hal. Penyebab umumnya adalah tidak terjaganya kondisi kebersihan dan kesehatan kulit kepala.

Tak perlu kahawatir, beberapa cara berikut ini bisa diikuti untuk membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala.

Baca Juga: Sering Muncul pada Pria, Ini Penyebab Umum Munculnya Ketombe! Cari Tahu Yuk!

Gunakan perawatan anti ketombe

Cara paling manjur yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan produk perawatan anti ketombe sebagai treatment-nya.

The American Academy of Dermatology Association yang dilansir dari laman Health Line menyarankan agar memperhatikan instruksi dan juga jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit saat melakukan perawatan anti ketombe. Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar tidak membuat ketombe makin parah.

Gunakan perawatan rumahan

Treatment rumahan yang bisa dibuat sendiri dan mudah digunakan juga bisa membantu untuk menghilangkan ketombe secara alami. Bahan-bahan alami yang ada di rumah dapat digunakan sebagai bahan penghilang ketombe alami.

Seperti baking soda, apple cider vinegar, minyak kelapa, minyak zaitun, sari lemon, dan aloe vera dapat digunakan sebagai treatment alami yang bisa membantu mengatasi ketombe. Caranya juga hanya dengan menggosokkan bahan tersebut pada kulit kepala sebelum keramas.

Baca Juga: Awas, Ini Akibatnya Jika Anda Jarang Keramas

Gunakan produk yang mengandung ketoconazole

Laman Medical News Today menyarankan agar menggunakan produk shampoo anti ketombe yang mengandung bahan ketoconazole. Bahan ini merupakan bahan aktif yang membantu mengatasi ketombe secara efektif.

Ketoconazole juga merupakan bahan aktif penghilang ketombe yang aman digunakan bagi semua umur. Sehingga dari anak kecil hingg orang dewasa bisa menggunakan shampoo atau treatment lainnya yang berbahan ketoconazole untuk mengatasi ketombe.

Gunakan produk anti-bakteri

Memilih produk perawatan yang mengandung bahan anti bakteri dan anti jamur bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Bahan bahan seperti salicylic acid, zinc, dan tea tree adalah tiga bahan anti bakteri dan anti jamur yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Pilihlah produk perawatan rambut dan kulit kepala yang mengandung bahan tersebut, gunakan secara rutin untuk membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia