Southgate: Inggris Tunjukkan Karakter, tapi Masih Lapar untuk Lebih Banyak Kemenangan



KONTAN.CO.ID - DORTMUND, Jerman. Kemenangan dramatis Inggris atas Belanda di semifinal Euro 2024 menunjukkan karakter dan ketangguhan mereka.

Pelatih Inggris Gareth Southgate menegaskan, timnya siap mengambil langkah terakhir untuk meraih trofi besar pertama dalam hampir 60 tahun.

Ollie Watkins, yang masuk sebagai pemain pengganti, mencetak gol pada menit ke-91 untuk membawa Inggris ke final Kejuaraan Eropa kedua berturut-turut dengan kemenangan 2-1.


Penampilan mereka secara keseluruhan adalah jawaban tegas terhadap kritik yang diarahkan pada timnya karena beberapa penampilan yang lamban sebelumnya.

"Kita semua ingin dicintai, bukan?" kata Southgate dalam konferensi pers.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Belanda vs Inggris: The Three Lions ke Final, Skor Akhir 1-2

"Ketika Anda melakukan sesuatu untuk negara Anda dan Anda seorang Inggris yang bangga, ketika semua yang Anda baca adalah kritik, itu sulit. Bisa merayakan final kedua sangatlah istimewa."

"Kami telah memberikan orang-orang malam-malam yang luar biasa, beberapa malam terbaik dalam 50 tahun."

Southgate, yang mengambil alih pada 2016, kini telah membawa Inggris setidaknya ke perempat final dalam empat turnamen besar terakhir, satu-satunya tim Eropa yang mencapai prestasi ini.

Mereka kalah dari Italia melalui adu penalti di final Euro 2020, tetapi sekarang memiliki kesempatan untuk melangkah lebih baik melawan Spanyol di final hari Minggu (14/7) di Berlin.

"Ini menunjukkan cara Inggris yang lebih modern tetapi juga ketangguhan dan karakter grup. Ollie Watkins berlatih seperti itu setiap hari. Dia berlatih untuk momennya tidak peduli seberapa frustrasi."

"Mereka saling mendukung, mereka terikat dengan sangat baik dan malam ini adalah contoh dari itu."

Baca Juga: Menang 1-2 dari Belanda Inggris Kembali ke Final Euro Lagi, Kali ini Bertemu Spanyol

Inggris membutuhkan adu penalti untuk mengatasi Swiss di perempat final sebelum gol kemenangan akhir pada hari Rabu.

Southgate mengatakan, timnya telah belajar dari pertandingan knockout sejak Piala Dunia 2018 di Rusia di mana mereka kalah di semifinal dari Kroasia.

"Kami lebih tenang saat memasuki pertandingan knockout. Di Rusia kami belum memenangkan pertandingan knockout dalam 10 tahun," kata Southgate.

"Bisa membawa tim ke final pertama di luar negeri saya sangat bangga dengan itu," katanya.

Inggris memenangkan Piala Dunia 1966 di negaranya sementara final Euro 2020 juga diadakan di Wembley.

Mereka sekarang akan menghadapi tim terbaik di turnamen ini, Spanyol, yang semua pertandingannya diadakan di Jerman.

"Kami harus merebut bola dari mereka terlebih dahulu," kata Southgate tentang lawan mereka berikutnya.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Semi Final Euro 2024 Belanda Vs Inggris 1-2 Watkins jadi Pahlawan

"Tidak sesederhana kita memiliki bola dan membuat mereka berlari. Kita harus luar biasa dengan bola dan tanpa bola. Mereka adalah tim terbaik."

"Kami mulai menunjukkan versi yang lebih baik dari diri kami," katanya, menambahkan mereka memiliki satu hari lebih sedikit daripada Spanyol, yang mengalahkan Prancis pada hari Selasa di semifinal mereka, untuk bersiap.

"Tapi kami ada di sana dengan apa yang telah kami tunjukkan hingga saat ini. Kami memiliki peluang yang sama bagusnya dengan mereka. Kami datang ke sini untuk memenangkannya. Ini adalah tugas besar tetapi kami masih di sini dan berjuang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto