SpaceX Berhasil Menangkap Pendorong Roket Super Heavy dalam Uji Terbang Kelima



KONTAN.CO.ID - Pada hari Minggu (13/10/2024), SpaceX berhasil menangkap kembali pendorong tahap pertama roket Starship dalam uji terbang kelima. 

Pendorong tersebut berhasil kembali ke landasan peluncuran di Boca Chica, Texas, dengan menggunakan lengan mekanis raksasa. 

Ini merupakan pencapaian teknik terbaru dalam upaya perusahaan untuk mengembangkan kendaraan yang dapat digunakan kembali untuk misi ke bulan dan Mars.


Baca Juga: Elon Musk Ungkap 5 Rahasianya untuk Jadi Orang Terkaya di Dunia

Roket "Super Heavy" lepas landas pada pukul 07.25 pagi waktu setempat, membawa roket tahap kedua, Starship, menuju luar angkasa. 

Setelah mencapai ketinggian sekitar 70 km, pendorong tersebut terpisah dan memulai perjalanan kembali ke Bumi. Tiga dari 33 mesin Raptor pendorong diaktifkan kembali untuk memperlambat penurunan, mengarahkannya kembali ke landasan peluncuran.

Dengan presisi tinggi, pendorong setinggi 71 meter tersebut jatuh ke lengan logam menara peluncuran dan berhasil ditangkap. 

CEO SpaceX, Elon Musk, mengonfirmasi keberhasilan ini melalui media sosial dengan menyatakan, "Menara telah menangkap roket!" 

Momen ini disambut sorak sorai dari teknisi SpaceX yang menyaksikan langsung proses tersebut.

Baca Juga: Ini 9 Buku Bacaan Elon Musk yang Jadi Inspirasi Berbisnis

Pencapaian ini merupakan langkah maju dalam pengembangan roket yang sepenuhnya dapat digunakan kembali, yang diharapkan akan mampu mengangkut lebih banyak kargo ke orbit, misi manusia ke bulan, dan mencapai Mars, sesuai visi jangka panjang Musk.

Editor: Noverius Laoli