SPEx2 Award 2024, Pembuktian Perusahaan Sukses Eksekusi Strategi Berkelanjutan



KONTAN.CO.ID - Jakarta.   Tahun 2024 ini, GML Performance Consulting dan Kontan kembali sukses menggelar Strategy-into Performance Execution Excellence (SPEx2) Award. Pada gelaran ke-9 ini, SPEx2 Award menekankan pentingnya menyusun perencanaan, eksekusi dan menghasilkan kinerja yang baik. Sustainability (keberlanjutan) pun dipilih sebagai tema pada ajang kali ini.  

SPEx2 merupakan acara tahunan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil dalam merumuskan dan menerapkan strategi secara efektif. Tujuannya untuk menginspirasi perusahaan-perusahaan di Indonesia supaya dapat meningkatkan kemampuan eksekusi mereka sehingga mampu menciptakan daya saing industri Indonesia yang bertaraf dunia.

Pada tahun ini, selain kemampuan eksekusi penilaian juga menitikberatkan pada aspek keberlanjutan (sustainability). Jadi tak hanya mengejar performa keuangan saja, tata kelola perusahaan yang baik juga harus mampu menyeimbangkan kinerja sisi finansial maupun non finansial.


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pun memberikan apresiasi tinggi terhadap gelaran SPEx2 Award 2024 ini sebagai upaya edukasi dalam mengimplementasikan strategi keberlanjutan. “Acara ini memberikan energi sosial yang positif dan sangat penting untuk dikembangkan,” tutur Sigit Reliantoro, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK di Four Seasons Hotel, Rabu (31/7).

Penerima penghargaan akan diberikan pengakuan dan apresiasi atas usaha mereka menerapkan aspek keberlanjutan sebagai nilai tambah dalam  tata kelola perusahaan yang baik untuk  menghasilkan kinerja positif bagi pelanggan, karyawan, dan pemegang saham. Selain itu, mereka akan memperoleh pembelajaran berharga dari penilaian dan evaluasi oleh juri untuk memperkuat perusahaan dalam persaingan ke  depan.

Ada 29 perusahaan yang mengikuti ajang penghargaan ini. Pemenangnya antara lain, PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk yang menyabet penghargaaan sebagai Best of the Best Execution Winner accros All Industries. Lalu, ada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang memperoleh penghargaan sebagai The Best Company in Executing Sustainability & Governance in Banking Industry dan The Best Company in Executing Woman Empowering Strategy accros All Industries. Kemudian PT Semen Indonesia (Persero) yang menjadi The Best Company in Executing Sutainability & Governance in Manufacturing Industry.

Penghargaan The Best Chief Strategy Execution Officer in Private Sector dimenangkan okeh  Azis Armand, Vice President Director and Group CEO PT Indika Energy Tbk. Lalu, The Best Champion in Executing Sustainability & Governance Strategy diperoleh Fransiska Oei, Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal  PT Bank CIMB Niaga Tbk. Sementara, The Best Chief Strategy Execution Officer in BUMN diserahkan kepada Muhammad Wahid Sutopo, President Director PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Selain pemenang di atas, seluruh peserta juga menjadi The Best Execution Winner pada masing-masing industri yang digelutinya. Serta, pengakuan dalam Oustanding Achievment in Sustainability & Governance dan juga Outstanding Achievment in Corporate Social Responsibilty. Mereka terdiri terdiri dari AKR Corporindo, Astra Digital Arta, Asuransi Allianz Life Indonesia, Badan Informasi Geospasial, Bank Aladin Syariah, Bank BPD Bali, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri (Persero), Bank Rakyat Indonesia (Persero), Bank Syariah Indonesia, Blue Bird, Elang Mahkota Teknologi, Global Digital Niaga,  Gunung Raja Paksi, HM Sampoerna, Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Indika Energy, Lembaga Administrasi Negara, Lion Super Indo, Mandiri Utama Finance, Nojorono Tobacco International, Penjaminan Infrastruktur Indonesia, Sarana Multigriya Finansial, Semen Indonesia, Smartfren Telecom, Triputra Agro Persada, Wahana Ottomitra Multiartha, XL Axiata, dan Zhengan Indonesia.   

Selanjutnya: Ini Cara Tarik Tunai di Alfamart dengan DANA dan Kartu Debit BCA

Menarik Dibaca: Efek Terlalu Banyak Makan Karbohidrat bagi Tubuh, Benarkah Bisa Sebabkan Jerawat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini
TAG: