Spill Harga Maung Garuda, Mobil Buatan PT Pindad yang Ditunggangi Prabowo Subianto



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maung Garuda, mobil buatan PT Pindad jadi sorotan setelah pelantikan Presiden ke-8 Republik Indonesia Prabowo Subianto.

Pasalnya, Maung Garuda lah yang mengantarkan Prabowo Subianto ke Istana Negara setelah bertolak dari gedung DPR MPR RI sesuai pelantikan, Minggu (20/10/2024).

Sebagai informasi PT Pindad menamakan mobil Maung khusus itu dengan MV3 Garuda Limousine.


Mobil berwarna putih dengan gaya khas Eropa. 

Prabowo menaiki mobil Maung Garuda tersebut saat menuju Istana Negara.

Baca Juga: Pindad Bangga, Prabowo Tunggangi MV3 Garuda Limousine Pasca Pelantikan Presiden

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose dalam keterangan resmi perusahaan mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden RI dan turut menyampaikan rasa bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam momentum bersejarah sebagai kendaraan orang nomor satu di Indonesia.

Selain itu, Abraham juga mengapresiasi tinggi kepada Presiden RI karena senantiasa mendorong kemajuan industri pertahanan dalam negeri, khususnya PT Pindad

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya," kata Abraham dalam keterangannya, Minggu.

"Selamat atas pelantikan Bapak Presiden beserta Wakil Presiden RI, selamat bertugas dan semoga sukses selalu dalam mengemban amanah rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Spesifikasi Maung Garuda untuk RI 1 Prabowo Subianto

Dikutip keterangan resmi PT Pindad, MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kendaraan ini berwarna putih dengan tampilan ekslusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur- fitur mutakhir.

"Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam," tulis keterangan resmi PT Pindad.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Maung Garuda, Mobil Putih yang Ditunggangi Prabowo ke Istana Negara

Dengan portofolio produsen alpalhankam, Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball & kal. 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5/B6.

Kemudian mobil ini dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

"Dari sisi eksterior, MV3 Garuda Limousine dilengkapi automatic footstep di bagian samping kendaraan untuk memudahkan pijakan keluar masuk kendaraan," tulis PT Pindad

"Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan, terpampang mulai dari bagian grille hingga velg kendaraan yang tetap terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak," demikian keterangan PT Pindad.

Motif grille terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa.

Di bagian belakang, dual exhaust diterapkan untuk meningkatkan performa kendaraan. Interior premium menggunakan material wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360°, led smart TV, cooled storage, dan portable WiFi.

Usai pelantikan, Presiden dan Wakil Presiden RI menggunakan MV3 Garuda Limousine pada iring-iringan kendaraan untuk menyapa masyarakat di sepanjang perjalanan dari Gedung parlemen ke Istana Negara.

Baca Juga: Jokowi Pulang ke Istana Negara Pakai Alphard, Intip Spesifikasi dan Harganya?

Harga

Harga Maung Garuda diprediksi lebih dari Rp1,2 miliar mengingat kendaraan tersebut memiliki spesifikasi khusus tingkat tinggi.

Sebagai gambaran, mengutip Tribunnews, harga Maung untuk sipil saja, saat ini, berkisar antara Rp1 miliar sampai Rp1,2 miliar.

Harganya tentu beda dengan harga Maung Garuda.

Pasalnya speknya sudah disesuaikan untuk kepresidenan, misalnya dilengkapi kaca anti peluru.

Ingat, harga di atas hanya perkiraan saja.

Belum ada informasi resmi mengenai harga Maung Garuda.

Selain itu, belum ada juga informasi apakah Maung Garuda diproduksi untuk massal atau hanya tersedia sebagai kendaraan khusus saja.

Artikel ini telah tayang di Bangkapos.com dengan judul "Harga Maung Garuda Buatan PT Pindad yang Antarkan Prabowo Subianto ke Istana, Intip Spesifikasinya"

Selanjutnya: 10 Tahun Jokowi, Pasar Modal Indonesia Sempat Terguncang Kasus Jiwasraya dan Asabri

Menarik Dibaca: Alasan Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda, Cek di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .