KONTAN.CO.ID - Persiapan SPMB Jawa Timur 2025, berikut jadwal pendaftaran, link resmi dan syarat pengambilan PIN. SPMB Jawa Timur 2025 akan dibuka dalam waktu dekat, berikut informasi penting yang harus Anda ketahui. Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) akan dibuka sebentar lagi di sejumlah daerah. Salah satunya di wilayah Jawa Timur yang saat ini melaksanakan kegiatan Sosialisasi Juknis SPMB Jatim 2025 berdasarkan jadwal pelaksanaan SPMB Jatim 2025. Bicara soal SPMB 2025 di Jawa Timur, nantinya akan ada beberapa tahapan pendaftaran SPMB bagi lulusan Jatim 2025, tahun sebelumnya atau lulusan luar Jatim.
- Memahami ketentuan SPMB, seperti syarat, dan prosedur SPMB Jawa Timur 2025.
- Verifikasi Rapor, Anda dapat melakukan pengecekan verifikasi rapor semester 1 sampai semester 5 dari SMP/MTs/Sederajat yang bersangkutan.
- Pengambilan PIN, Anda dapat melakukan pengambilan PIN yang akan digunakan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran SPMB Jawa Timur.
- Pendaftaran SPMB, setelah mempersiapkan dokumen dan yang lainnya, pastikan seluruh data dimasukkan dengan benar dan sesuai.
Syarat Pengambilan PIN SPMB Jawa Timur 2025:
- Semua calon murid baru wajib mengambil PIN (Personal Identification Number) dan menentukan titik lokasi domisili rumah dengan aplikasi geolokasi secara mandiri melalui laman spmbjatim.net dimulai tanggal 2 Juni 2025 sampai dengan 13 Juni 2025.
- Pengambilan PIN hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali selama SPMB berlangsung.
- Pengambilan PIN didahului dengan pengisian data dan mengunggah berkas/dokumen yang dibutuhkan sesuai jalur SPMB yang dipilih oleh calon murid baru secara online sesuai dengan ketentuan.
- Calon murid baru yang menandatangani Satuan Pendidikan SMA/SMK yang masuk wilayah dalam/luar domisili sesuai dengan kedekatan jarak domisili/alamat yang ada dalam KK/SKD/SKPD calon murid baru untuk dilakukan verifikasi dan validasi mulai tanggal 2 Juni 2025 sampai dengan 14 Juni 2025.
- Dokumen yang dibawa dan diserahkan ke petugas operator Satuan Pendidikan SMA/SMK untuk diverifikasi dan divalidasi saat melakukan pengambilan PIN adalah sebagai berikut:
- Foto copy KK dengan menunjukkan aslinya.
- Foto copy SKD dengan menunjukkan aslinya, dan foto copy surat keputusan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tentang status keadaan bencana bagi calon Murid baru yang berada di daerah tertimpa bencana alam.
- Foto copy SKD dengan menunjukkan aslinya, foto copy surat ijin/surat keputusan pendidikan lembaga dari instansi yang berwenang, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari pimpinan lembaga, bagi calon murid baru yang berdomisili di pondok pesantren/panti asuhan/panti sosial. Anda dapat mengunduh contoh format pernyataan di link ini https://spmbjatim.net/documents/sptjm-pimpinan-lembaga.pdf
- Foto copy Ijazah/SKL/Surat Keterangan Kelas Akhir (Kelas 9) dari Kepala Satuan Pendidikan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat asal dengan menunjukkan aslinya. Berikut link unduh atau download contoh format surat yang dibutuhkan:
- Unduh contoh format Surat Keterangan Lulus SMP di link ini: https://spmbjatim.net/documents/contoh-format-skl-smp.pdf
- Unduh contoh format Surat Keterangan Akhir (Kelas 9) di link ini: https://spmbjatim.net/documents/contoh-format-surat-keterangan-kelas-9.pdf
- Foto copy rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) Satuan Pendidikan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat asal dengan menunjukkan aslinya.
- Foto copy surat keterangan dan menunjukkan aslinya hasil asesmen awal (asesmen fisik/psikologis, Akademik, Fungsional, Sensorik, dan Motorik oleh Dokter, Dokter Spesialis, dan/atau kartu Penyandang Disabilitas yang dikeluarkan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial) dan surat keterangan Kepala Satuan Pendidikan asal yang menerangkan kelompok difabel (netra, rungu, grahita, daksa, laras, down syndrome, autis, slow learning, ganda).
- Foto copy SPKD (Surat Keterangan Pindah Domisili)/Surat Keterangan sejenis dari dinas Dukcapil dan SK mutasi tugas orang tua/wali (bagi pendaftar jalur mutasi orang tua/wali) dengan menunjukkan aslinya. Anda dapat mengunduh contoh format Surat Keterangan Pindah Domisili melalui link berikut ini: https://spmbjatim.net/documents/contoh-surat-keterangan-pindah-domisili.pdf
- Foto copy Surat Penugasan orang tua sebagai Guru/Tenaga Kependidikan dari Kepala Satuan Pendidikan SMA/SMK tempat bertugas (bagi pendaftar jalur mutasi anak guru/tenaga kependidikan) dengan menunjukkan aslinya.
- Surat pernyataan bagi calon murid baru lulusan SMP/MTs sebelum tahun 2025. Anda dapat mengunduh format surat pernyataan melalui link berikut ini: https://spmbjatim.net/documents/surat-pernyataan-siswa-lulusan-sebelum-tahun-2025.pdf
- Surat pernyataan dari orang tua/wali Murid yang menyatakan bersedia diproses secara hukum jika terbukti memalsukan bukti dokumen yang dipersyaratkan dalam SPMB dan data yang telah diisikan dalam sistem SPMB. Anda dapat mengunduh format pernyataan tersebut melalui link berikut ini: https://spmbjatim.net/documents/surat-pernyataan-orang-tua-wali.pdf
- Operator SMA/SMK wajib untuk menyimpan dokumen yang telah diserahkan oleh calon murid baru.
- PIN dipergunakan untuk melakukan pendaftaran.
Jadwal Lengkap SPMB Jawa Timur 2025
Tahap Pra Pendaftaran SPMB 2025 Jawa Timur- Entri Nilai Rapor oleh Kepala Satuan Pendidikan SMP/Sederajat: (19-4 Mei 2025 jam 01.00 - 23.59 WIB)
- Verifikasi Nilai Rapor oleh Calon Murid Baru: (24-28 Mei 2025 jam 01.00 - 23.59 WIB)
- Pembetulan Nilai Rapor oleh Kepala Satuan Pendidikan SMP/Sederajat: (27-31 Mei 2025 jam 01.00 - 23.59 WIB)
- Pengambilan PIN oleh Calon Murid Baru: (2-13 Juni 2025 jam 01.00 - 23.59 WIB)
- Verifikasi dan Validasi Dokumen oleh Operator SMA/SMK: (2-14 Juni 2025 jam 08.00 - 16.00 WIB)
- Latihan Pendaftaran: (9-11 Juni 2025 jam 01.00 - 23.59 WIB)
- Verifikasi dan validasi hasil tes kesehatan untuk syarat pendaftaran SMK pada konsentrasi keahlian tertentu: (2-14 Juni 2025 jam 08.00 - 16.00 WIB)
- Pendaftaran: (16-17 Juni 2025 jam 00.01-21.00 WIB), tempat internet online
- Penutupan: (17 Juni 2025 jam 21.00 WIB), tempat internet online
- Verifikasi dan Validasi oleh SMA/SMK: (17-19 Juni 2025 jam setelah dibuka s.d 16.00 WIB), tempat internet online/offline
- Pengumuman: (20 Juni 2025 jam 09.00 WIB, tempat internet online)
- Daftar Ulang di SMA/SMK Negeri Tujuan: (20-21 Juni 2025 jam 09.00 - 16.00 WIB), tempat SMA/SMK Negeri yang dituju
- Pendaftaran: (22-23 Juni 2025 jam 00.01-21.00 WIB), tempat internet online
- Penutupan: (23 Juni 2025 jam 21.00 WIB), tempat internet online
- Pengumuman: (24 Juni 2025 jam 08.00 WIB), tempat internet online
- Cetak Bukti Penerimaan oleh Calon Murid Baru: (24 Juni 2025 jam 09.00 - 23.59 WIB), tempat internet online
- Daftar Ulang di SMA Negeri Tujuan: (24-25 Juni 2025 jam 09.00 - 16.00 WIB), tempat SMA Negeri yang dituju
- Pendaftaran: (26-27 Juni 2025 jam 00.01-21.00 WIB), tempat internet online
- Penutupan: (27 Juni 2025 jam 21.00 WIB), tempat internet online
- Pengumuman: (28 Juni 2025 jam 08.00 WIB), tempat internet online
- Cetak Bukti Penerimaan oleh Calon Murid Baru: (28 Juni 2025 jam 09.00 - 23.59 WIB), tempat internet online
- Daftar Ulang di SMA/SMK Negeri Tujuan (28 Juni dan 30 Juni 2025 jam 09.00 - 16.00 WIB), tempat SMA/SMK Negeri yang dituju
- Pengumuman Pemenuhan Kuota: (1 Juli 2025 jam 08.00 WIB), tempat internet online
- Cetak Bukti Penerimaan Pemenuhan Kuota: (1 Juli 2025 jam 09.00 - 16.00 WIB), tempat internet online
- Daftar Ulang Pemenuhan Kuota: (1 Juli 2025 jam 09.00 - 16.00 WIB), tempat SMA/SMK Negeri yang dituju
- Pendaftaran: (2-3 Juli 2025 jam 00.01 - 21.00 WIB), tempat internet online
- Penutupan: (3 Juli 2025 jam 21.00 WIB), tempat internet online
- Pengumuman: (4 Juli 2025 jam 08.00 WIB), tempat internet online
- Cetak Bukti Penerimaan oleh Calon Murid Baru: (4 Juli 2025 jam 09.00 - 23.59 WIB), tempat internet online
- Daftar Ulang di SMK Negeri Tujuan: (4-5 Juli 2025 jam 09.00 - 16.00 WIB), tempat di SMK Negeri yang dituju