Sri Mulyani Beberkan Peran APBN untuk Kelancaran Mudik Lebaran 2023



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dukungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menyukseskan kelancaran mudik lebaran 2023.

APBN juga ikut membantu masyarakat seperti meringankan biaya mudik dengan menggelontorkan anggaran hingga triliunan.

Sri Mulyani menuturkan, untuk di tahun 2023, APBN telah menyalurkan anggaran sebesar Rp 5,21 triliun melalui Public Service Obligation (PSO) angkutan kereta api kelas ekonomi untuk 297.969 penumpang.


Baca Juga: May Day, Sri Mulyani Sebut Kelompok Pekerja Pelaku Utama Penggerak Roda Perekonomian

Kemudian, APBN juga menyalurkan anggaran sebesar Rp 2,39 triliun untuk PSO angkutan laut kelas ekonomi untuk 4.563.272 penumpang. Hal ini dilakukan untuk meringankan biaya mudik agar harga tiket lebih terjangkau bagi masyarakat.

Tak sampai di situ, khusus momen Lebaran 2023 ini, APBN juga menyalurkan anggaran sebesar Rp 9,43 miliar untuk PSO kereta api khusus lebaran kepada 122.659 orang penumpang. Bahkan Pelayaran Nasional Indonesia (PT PELNI) juga kembali mengadakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.

"Semoga dengan adanya subsidi PSO, momen mudik tahun ini lebih lancar dan berkesan," tulis Sri Mulyani dalam unggahan di instagram pribadinya @smindrawati, dikutip Senin (1/5).

Baca Juga: Penerimaan Cukai Minuman Beralkohol Capai Rp 1,61 Triliun Per Maret 2023

Bendahara Negara tersebut juga melaporkan, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) turut memberikan dukungan untuk pembangunan infrastruktur melalui pendanaan pembebasan lahan.

Rinciannya adalah realisasi pendanaan lahan untuk jalan tol sebesar Rp 93,7 triliun dan realisasi pendanaan lahan untuk jalur kereta api sebesar Rp 3 triliun. "Seluruh pendanaan ini untuk mendukung arus mudik dan arus balik lebaran 2023. APBN #UangKita hadir untuk menghubungkan Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli