Sri Mulyani Optimistis Ekonomi Tumbuh di Atas 5% di Kuartal II-2024



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap resilient sampai dengan semester I 2024.

Ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2024 diproyeksi masih bisa bertahan di atas 5% an. Sebagaimana diketahui, pertumbuhan ekonomi Indoensia pada kuartal I 2024 mencapai 5,11% year on year (yoy).

“Pertumbuhan ekonomi pada kuartal II diperkriakan bisa bertahan di atas 5% an, ini karena di kuartal II 2024 bebragai langkah APBN seperti pembayaran  THR, gaji ke 13, kegiatan pemilu dan kenaikan gaji ASN 12% dan pensiun ASN 18%,” tutur Sri Mulyani saat melakukan rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin (8/7).


Dengan adanya belanja APBN untuk ASN dan kebiatan pemilu tersebut, Sri Mulyani memperkirakan pada kuartal II 2024 akan memberikan daya ungkit atau konsumsi.

Baca Juga: IKN: Titik Awal Era Baru Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia

Disamping itu, pendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2024 akan didorong oleh investasi yang tumbuh meningkat seiring dengan progress Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Kinerja ekspor kita yang masih berjalan meskipun mengalami perlemahan dibandingkan tahun lalu, namun masih positif, namun memberikan kontribusi pada ekonomi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kinerja ekspor mengalami perbaikan sejalan dengan adanya keberlanjutan hirilisasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari