Sri Mulyani Pamer Keindahan Borobudur di Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati membuka pertemuan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM) ke 10, Jumat (25/8).

Saat membuka pertemuan tersebut, Sri Mulyani memamerkan keindahan Indonesia dengan menunjukkan area ruang pertemuan yang memiliki latar tema Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

“Kami memberi Anda suasana warisan budaya dunia dari seluruh negara anggota ASEAN. Jika Anda melihat dari Indonesia, kami memiliki antara lain Candi Borobudur yang terkenal, Anda dapat melihatnya dengan latar belakang perjalanan itu, candi Hindu Prambanan,” tutur Sri Mulyani, dalam Opening Speech The 10th AFMGM, Jumat (25/8).


Baca Juga: Pada Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral ASEAN, Sri Mulyani Ingatkan Hal Ini

Keindahan lain yang terpampang dalam ruang pertemuan tersebut, yakni pengairan masyarakat Bali (Subak Bali) serta situs manusia purba Sangiran yang berasal dari Jawa Tengah.

“Saya harap jika anda tidak punya waktu untuk menikmati di luar Jakarta, setidaknya nikmati latar belakangnya,” terangnya.

Sri Mulyani mengatakan, pesona keindahan budaya Indonesia seharusnya bisa diabadikan oleh para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN dengan mengabadikan momen melalui foto bersama.

“Tadi malam kami seharusnya berfoto bersama dengan latar belakang semua bangunan indah ini. Saya tidak sadar ada sesi di sana,” katanya.

Meski begitu, Sri Mulyani berjanji akan mengajak para Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN untuk menikmati keindahan alam Indonesia di lain kesempatan.

Untuk diketahui, AFMGM ini merupakan pertemuan kali kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Bali, pada Maret 2023. AFMGM kedua ini dihadiri oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari sembilan negara ASEAN yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Republik Demokratik Rakyat Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Negara ASEAN Sepakat Memperluas Penggunaan Dana Pandemi

Selain itu, sesuai dengan ASEAN Leaders’ Statement on the Application of Timor-Leste for ASEAN Membership in November 2022, ASEAN turut mengundang Timor-Leste untuk berpartisipasi sebagai pengamat dalam rangkaian pertemuan ini.

Rangkaian pertemuan AFMGM ini juga dihadiri perwakilan dari enam organisasi internasional yaitu Asian Development Bank (ADB), ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO), International Monetary Fund (IMF), Financial Stability Board (FSB), Bank for International Settlements (BIS), and World Bank (WB) serta mitra strategis yaitu Australia dan European Union (EU).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi