Sri Mulyani Sampaikan Tiga Kunci Penting Dalam Pembangunan Infrastruktur, Apa Saja?



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembangunan infrastruktur memiliki peranan yang sangat penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ada tiga hal yang penting dalam pembangunan infrastruktur. Pertama, lingkungan pendukung yang dalam hal ini terkait dengan kebijakan yang mampu menarik investor.

"Jika anda dapat merancang kebijakan yang tepat, maka anda akan mampu menarik modal yang tepat dan mewujudkan infrastruktur tersebut," ujar Sri Mulyani dalam acara High Level Dialogue on Promoting Sustainable Infrastructure Development di Hotel Mulia Jakarta, Kamis (24/8).


Baca Juga: Sri Mulyani Beberkan Jurus Tarik Pendanaan untuk Bangun Infrastruktur

Kedua, hal penting yang menjadi kunci dalam pembangunan infrastruktur adalah persiapan yang matang. Menurutnya hal ini menjadi sangat penting sebelum melakukan pembangunan infrastruktur.

"Kita membutuhkan air bersih, listrik, atau bahkan pelabuhan telekomunikasi, namun biasanya hal tersebut membutuhkan persiapan yang cukup banyak, apalagi jika mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, serta permasalahan dan risikonya," katanya.

Ketiga, pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam ekosistem mengingat pembangunan infrastruktur tidak hanya mengandalkan satu sumber pembiayaan saja.

Untuk itu, pemerintah Indonesia membuat Program Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Lewat skema ini, swasta diajak berinvestasi ke proyek infrastruktur dan mendapatkan keuntungan. Tentunya, dengan sejumlah insentif yang menarik melalui Program Fasilitas Pengembangan Proyek (Project Development Facility/PDF).

"Artinya anda benar-benar dapat melakukan koordinasi mengenai proses seperti apa yang dianggap sebagai tata kelola yang baik, namun pada saat yang sama juga cukup efisien untuk dapat dijalankan," terang Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat