Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Relatif Terjaga di Tengah Guncangan Global



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa ekonomi Indonesia relatif stabil meski menghadapi tantangan ekonomi global. Stabilitas ini didukung oleh fokus pemerintah pada program pembangunan yang dijadikan fondasi.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa dalam sepuluh tahun terakhir, Indonesia berhasil mempertahankan perekonomian dengan baik. 

Ia juga menyoroti keberhasilan Indonesia dalam mengakselerasi konsolidasi fiskal pascapandemi Covid-19, dengan menurunkan defisit anggaran hingga di bawah 3% dalam dua tahun.


Baca Juga: Enggan Disebut Bendahara Pelit, Sri Mulyani: Ini Soal Selektivitas dan Kualitas

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif terjaga didorong dari fokus program pemerintah pada pembangunan infrastruktur dan human capital,” ungkapnya dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024, Selasa (8/10).

Sri Mulyani juga menyebutkan bahwa di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas utama. Hal ini terlihat dari alokasi anggaran yang terus meningkat, dari Rp 157,4 triliun pada tahun 2014 menjadi Rp 423,4 triliun pada tahun 2024.

Anggaran infrastruktur tersebut telah menghasilkan berbagai capaian, seperti pembangunan jalan nasional, jalan tol, jembatan, jalur kereta api, serta bandara. 

“Perkembangan pembangunan ini menjadi salah satu fondasi yang kuat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi: Transisi Kepemimpinan ke Prabowo Berjalan Lancar

Selain itu, sarana prasarana pendidikan, bendungan, pelabuhan, rumah susun, air bersih, dan infrastruktur digital juga berkembang pesat. 

Menurut Sri Mulyani, semua pencapaian ini merupakan hasil dari kemampuan APBN fiskal Indonesia yang mampu beradaptasi meski menghadapi berbagai situasi.

Selanjutnya: Rupiah Jisdor Menguat 0,06% ke Rp 15.671 Per Dolar AS Pada Selasa (8/10)

Menarik Dibaca: IDSurvey Dukung Bisnis Berkelanjutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli