Sri Mulyani Sebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Ibarat "Sinterklas"



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai "Sinterklas" karena sering membagikan Barang Milik Negara (BMN) kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda).

"Kalau kira-kira 10 tahun terakhir, Menteri PUPR ini seperti Sinterklas, bagi-bagi barang itu berapa banyak nilainya," ujar Sri Mulyani dalam acara Serah Terima Barang Milik Negara di Kementerian PUPR, Kamis (10/10).

Baca Juga: Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono Kompak Berduet di Akhir Masa Jabatan Kabinet


Sri Mulyani menyebut, dalam 10 tahun ini, Basuki telah menyerahkan BMN dengan nilai mencapai Rp 374,6 triliun.

BMN tersebut dibangun menggunakan APBN yang kemudian menjadi sebuah barang yang berkualitas dan dihibahkan ke berbagai K/L hingga pemda.

"Jadi ini adalah memang cara kita untuk menjelaskan ke publik bahwa uang yang kita kumpulkan di dalam APBN melalui pajak, bea cukai maupun PNBP itu digunakan dan manfaatnya disampaikan kepada masyarakat," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Zainal Fatah mengatakan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Kementerian PUPR telah melakukan serah terima BMN senilai Rp 374,6 triliun.

Baca Juga: Indonesia Satu-satunya Negara Asia Pasifik yang Ekonominya Pulih Sebelum Pandemi

Sementara BMN yang diserahterimakan oleh Kementerian PUPR pada Kamis (10/10) ini sebesar Rp 19,26 triliun.

"Jumlah ini terdiri dari Rp 5,8 triliun kami serahkan kepada K/L dan sisanya sebesar Rp 13,36 triliun diserahkan kepada pemda, yayasan , perguruan tinggi, desa dan lain-lain," katanya.

Selanjutnya: Kemnaker Imbau Masyarakat Waspadai Penipuan Lowongan Pekerjaan

Menarik Dibaca: BNIdirect Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto