KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan rintisan
(startup) kuliner asal Indonesia, Mangkokku, kemarin mengumumkan pendanaan Seri A sebesar US$ 7 juta setara Rp 101 miliar. Dana tersebut berasal dari Alpha JWC Ventures & EMTEK, serta partisipasi dari Cakra Ventures. Mangkoku merupakan
startup kuliner yang didirikan oleh chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. Dua nama terakhir adalah putra pertama dan ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada 2020 lalu, Mangkokku mendapatkan pendanaan awal dari Alpha JWC Ventures, yang diikuti dengan penjualan yang tumbuh 6 kali lipat. Melalui pendanaan tersebut, rencananya Mangkokku akan melebarkan sayapnya lebih jauh lagi.
Baca Juga: Riset: Bisnis Kuliner Asia Tenggara Mencapai Total Pendanaan US$ 461 Juta di 2021 Pertama, Mangkokku mulai menyambut kembali pelanggan ke restoran
dine-in. Sebagai informasi, Mangkoku juga baru saja meluncurkan gerai
flagship di Mall Sarinah. "Dalam beberapa bulan ke depan, Mangkokku akan membuka lebih banyak restoran
dine-in sambil terus menambah gerai
cloud kitchen-nya ke kota-kota baru. Mangkokku juga akan meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berbelanja, dengan meluncurkan aplikasinya pada akhir tahun ini," kata
Co-Founder dan CEO Mangkokku, Randy Kartadinata dalam siaran pers, Senin (6/6). Randy mengatakan, aplikasi itu nantinya akan menyediakan layanan pesan antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus. Selain itu, Mangkokku juga menargetkan untuk membuka
outlet ke-100 pada tahun ini serta 100 gerai lagi di 2023. "Kami ingin melayani lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman kuliner yang terbaik. Kami akan memperluas kehadiran
online dan
offline Mangkokku, membuka restoran
flagship di lokasi-lokasi strategis, meluncurkan aplikasi. Kami ingin Mangkokku menjadi perusahaan New Retail terbaik di Indonesia," kata Randy.
Baca Juga: Blibli Dikabarkan Bersiap IPO Tahun Ini, Begini Pandangan Analis Saat ini, Mangkokku mengoperasikan 50 cabang di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang dan Solo. Dengan puluhan menu permanen dan musiman, Mangkokku menyajikan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahunnya melalui pemesanan
online dan
offline. Mangkokku memiliki mimpi besar menjadi perusahaan kuliner dengan produk kuliner serta ekosistem yang lengkap dan membawa kuliner lokal Indonesia ke panggung dunia. Untuk itu, Mangkokku meluncurkan
holding company yaitu Nusantara Culinary Group. "Ricebowl adalah titik awal kami dan sekarang kami siap untuk mengambil langkah selanjutnya. Di bawah naungan
holding company Nusantara Culinary Group, kami akan menghadirkan lebih banyak hidangan lezat dari dapur kami," jelas dia.
Baca Juga: Begini Cara Wahyoo Dukung Pengusaha Kuliner Indonesia Melalui Nusantara Culinary Group, usaha Mangkoku akan merambah ke produksi minuman dan sambal kemasan, yang rencananya akan diluncurkan tahun ini. Perusahaan juga berkomitmen untuk terus berinovasi dengan meluncurkan produknya secara teratur. "Hidangan Indonesia yang kontemporer dan unik dengan kualitas terbaik secara konsisten di setiap hidangannya. Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama dengan Randy dan tim, serta menantikan inovasi mereka selanjutnya," kata Jefrey Joe,
Co-Founder dan
General Partner Alpha JWC Ventures. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mangkokku Kantongi Rp 101 Miliar dari Pendanaan Seri A Alpha JWC Ventures & EMTEK", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/06/06/122634026/mangkokku-kantongi-rp-101-miliar-dari-pendanaan-seri-a-alpha-jwc-ventures. Penulis : Kiki Safitri Editor : Yoga Sukmana Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Sandy Baskoro