KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan rintisan (startup) kuliner asal Indonesia, Mangkokku, kemarin mengumumkan pendanaan Seri A sebesar US$ 7 juta setara Rp 101 miliar. Dana tersebut berasal dari Alpha JWC Ventures & EMTEK, serta partisipasi dari Cakra Ventures. Mangkoku merupakan startup kuliner yang didirikan oleh chef Arnold Poernomo, Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. Dua nama terakhir adalah putra pertama dan ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pada 2020 lalu, Mangkokku mendapatkan pendanaan awal dari Alpha JWC Ventures, yang diikuti dengan penjualan yang tumbuh 6 kali lipat. Melalui pendanaan tersebut, rencananya Mangkokku akan melebarkan sayapnya lebih jauh lagi.
Baca Juga: Riset: Bisnis Kuliner Asia Tenggara Mencapai Total Pendanaan US$ 461 Juta di 2021 Pertama, Mangkokku mulai menyambut kembali pelanggan ke restoran dine-in. Sebagai informasi, Mangkoku juga baru saja meluncurkan gerai flagship di Mall Sarinah. "Dalam beberapa bulan ke depan, Mangkokku akan membuka lebih banyak restoran dine-in sambil terus menambah gerai cloud kitchen-nya ke kota-kota baru. Mangkokku juga akan meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berbelanja, dengan meluncurkan aplikasinya pada akhir tahun ini," kata Co-Founder dan CEO Mangkokku, Randy Kartadinata dalam siaran pers, Senin (6/6). Randy mengatakan, aplikasi itu nantinya akan menyediakan layanan pesan antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus. Selain itu, Mangkokku juga menargetkan untuk membuka outlet ke-100 pada tahun ini serta 100 gerai lagi di 2023. "Kami ingin melayani lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman kuliner yang terbaik. Kami akan memperluas kehadiran online dan offline Mangkokku, membuka restoran flagship di lokasi-lokasi strategis, meluncurkan aplikasi. Kami ingin Mangkokku menjadi perusahaan New Retail terbaik di Indonesia," kata Randy. Baca Juga: Blibli Dikabarkan Bersiap IPO Tahun Ini, Begini Pandangan Analis Saat ini, Mangkokku mengoperasikan 50 cabang di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang dan Solo. Dengan puluhan menu permanen dan musiman, Mangkokku menyajikan lebih dari 4 juta mangkuk setiap tahunnya melalui pemesanan online dan offline. Mangkokku memiliki mimpi besar menjadi perusahaan kuliner dengan produk kuliner serta ekosistem yang lengkap dan membawa kuliner lokal Indonesia ke panggung dunia. Untuk itu, Mangkokku meluncurkan holding company yaitu Nusantara Culinary Group. "Ricebowl adalah titik awal kami dan sekarang kami siap untuk mengambil langkah selanjutnya. Di bawah naungan holding company Nusantara Culinary Group, kami akan menghadirkan lebih banyak hidangan lezat dari dapur kami," jelas dia. Baca Juga: Begini Cara Wahyoo Dukung Pengusaha Kuliner Indonesia