KONTAN.CO.ID - Hari ini, Supermom, platform perdagangan sosial dengan jaringan parenting terbesar di Asia Tenggara yang didukung oleh AC Ventures, meluncurkan inisatif untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan membuka peluang kerja bagi Singapura dan Indonesia. Hal ini dilakukan dengan menggandeng 25 merek Singapura ke Indonesia, dan membuka kesempatan bagi lebih banyak orang tua untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi “Key Opinion Moms” Supermom. Indonesia menjadi pasar utama bagi merek produk perawatan anak di kawasan ini, dengan populasi yang kuat mencapai lebih dari 270 juta, dan tingkat kelahiran yang tergolong tinggi di Asia Tenggara (17.04 per 1.000 penduduk). Kelas menengah yang berkembang di negara ini, didorong oleh tren ekonomi yang meningkat secara keseluruhan, berpotensi meningkatkan permintaan terhadap merek-merek yang berfokus pada keluarga, termasuk produk ibu dan bayi, merek gaya hidup, serta produk kecantikan. Lonjakan e-commerce di negara ini didorong oleh tingkat penetrasi internet sebesar 73,7%, seiring dengan semakin banyaknya keluarga Indonesia yang berbelanja online untuk kebutuhan perawatan anak. Selain itu, program kesehatan yang ada di Indonesia berpotensi meningkatkan kebutuhan akan solusi perawatan ibu dan bayi yang berkualitas.
Faktor-faktor ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menarik dan berpotensi menguntungkan bagi perusahaan induk yang ingin berkembang di tengah lanskap konsumen yang terus berkembang secara digital. Dorong Pertumbuhan Bisnis UMKM Hingga Gelar Festival Akbar bagi Keluarga di Indonesia Inisiatif ekspansi Supermom akan dimulai dengan program menarik selama tiga hari yang dijadwalkan pada 17-19 November di Sheraton Gandaria City dan Gandaria City Mall di Jakarta. Agenda pada hari pertama akan berorientasi pada bisnis, dengan program Business-to-Business (B2B) yang dirancang untuk mencocokkan merek Singapura dengan mitra Indonesia yang kompatibel. Pertemuan bisnis ini menawarkan berbagai peluang, mulai dari pencarian bakat, pengembangan produk, saluran distribusi ritel, kerja sama pemasaran, dan masih banyak lagi. Adapun daftar 25 merek yang digandeng Supermom, meliputi Her velvet Vase Pte Ltd, AMC Environtech Pte Ltd, Elite Care Pte Ltd , Kino Biotech Pte Ltd (Kinohimotsu), Cheryl W Pte Ltd, Sustainable Famillie Trading Pte Ltd, Cori Innolab Pte Ltd, Flexiconcepts Pte Ltd (Trusty Care), Good pharma Dermatology Pte Ltd (Suu Balm), Skin Inc Solutions Pte Ltd, Science Ventures Learning Hub Pte Ltd, Heyhi Pte Ltd, Lollababy Pte Ltd, Bluetree Academy Pte Ltd, DreamUs International Holdings Pte Ltd, Light house and Beacon – CY Beverages, Origin Herbal Hair Treatment Pte Ltd, Axe Factor Pte Ltd, HEGEN Pte. Ltd, Premium Baby Hub, Growthwell Group Private Limited, In Great Company Group Private Limited (Sunday folks), Bee Cheng Hiang Hup Chong Foodstuff Pte Ltd, Mushan Food Industries Pte Ltd, Heng Foh Tong Medical Hall. Luke Lim, Co-founder dan Group CEO Supermom mengatakan, "Inisiatif ini merupakan win-win solution bagi merek Singapura dan para orang tua di Indonesia. Tujuannya adalah menciptakan hubungan yang dapat membuka berbagai peluang baru. Dengan memfasilitasi pertemuan antara merek-merek ini dan mitra lokal, serta melibatkan jaringan 'Key Opinion Moms' Supermom, kami berusaha membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis dan inovasi." Inisiatif ini tidak hanya diarahkan pada penetrasi pasar, melainkan juga berfokus pada pembangunan komunitas dan kapasitas dengan menciptakan lapangan kerja di Indonesia dan memberikan kesempatan kepada ibu-ibu lokal untuk memperoleh pendapatan melalui platform inovatif Supermom. Merek-merek yang berpartisipasi akan diperkenalkan kepada jaringan "Key Opinion Moms" Supermom, membuka jalan untuk pemasaran yang terarah dan keterlibatan konsumen yang nyata, sekaligus memberikan sumber penghasilan kepada para ibu melalui konten otentik mereka. Hari kedua dan ketiga acara ini akan fokus pada pendekatan Business-to-Consumer (B2C) dengan menghadirkan festival keluarga yang berisi berbagai kegiatan interaktif dan hiburan untuk semua usia. Berbagai produk dari merek-merek yang digandeng Supermom ke Indonesia akan dihadirkan dan diperkenalkan kepada konsumen melalui berbagai aktivitas, seperti pameran, permainan, dan penghargaan (awards). "Memasuki pasar Indonesia dengan wawasan berbasis data dari Supermom memberi kami posisi unik untuk membuat keputusan bisnis yang tepat, dan menyesuaikan pendekatan kami dengan pasar Indonesia yang khas," tambah Luke. "Ini merupakan upaya kami menciptakan nilai positif bagi bisnis kami, sambil memperhatikan manfaat bagi tenaga kerja lokal." Kolaborasi ini menjanjikan lebih dari sekadar eksplorasi pasar baru, melainkan juga menjadi platform untuk pertumbuhan ekonomi dan sosial yang berlanjut. Dengan memasuki pasar Indonesia, 25 merek ini akan memberikan kontribusi pada penciptaan lapangan kerja lokal, dan dengan kecerdasan pasar eksklusif Supermom, mereka akan dilengkapi untuk berkembang di lanskap yang kompetitif. Inisiatif ini mendukung pertumbuhan bisnis kecil di wilayah ini, memfasilitasi perdagangan internasional, dan memperkuat hubungan lintas batas. Masuknya merek-merek ini ke Indonesia adalah bukti komitmen mereka untuk mendorong pertumbuhan, inovasi, dan kemakmuran di ASEAN. Supermom mengajak komunitas bisnis, keluarga, dan media untuk menghadiri acara di Jakarta untuk menyaksikan awal babak baru di ASEAN yang diarahkan Tentang Supermom Sebagai salah satu jaringan parenting terkemuka di Asia, Supermom menawarkan hubungan yang dinamis antara merek, orang tua, pihak berwenang, dan kelompok komunitas. Platformnya memupuk jaringan kuat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan merayakan kegembiraan menjadi orang tua. Dengan kantor pusatnya di Singapura, Supermom memiliki tim yang berdedikasi di seluruh Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Tiongkok. Supermom berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem pendukung yang memberikan dampak positif bagi keluarga di seluruh Asia. Tentang AC Ventures
AC Ventures merupakan perusahaan modal ventura terkemuka di kawasan Asia Tenggara yang berinvestasi di perusahaan rintisan (startup) tahap awal yang berfokus pada pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Memiliki misi untuk bermitra dan mendukung pengusaha melalui berbagai aspek, AC Ventures memberikan bantuan modal, pengalaman operasional, pengetahuan industri, jaringan lokal yang mendalam, serta sumber daya yang dapat membantu pengusaha dan bisnis untuk menciptakan nilai. Visi AC Ventures adalah menjadi generational partner bagi para pendiri yang mendorong perubahan positif bagi Indonesia dan sekitarnya melalui usaha yang didukung teknologi. AC Ventures mengelola lebih dari US$500 juta Asset Under Management (AUM) yang diinvestasikan di lima dana. Sejak 2012, Mitra AC Ventures telah berinvestasi di lebih dari 100 perusahaan teknologi di Indonesia dan Asia Tenggara, termasuk pada nama-nama paling ikonik di ekosistem digital Asia Tenggara. Mitra Pendiri AC Ventures, yakni Adrian Li, Michael Soerijadji, Helen Wong, dan Pandu Sjahrir memimpin tim yang terdiri lebih dari 35 profesional yang berkantor pusat di Jakarta dan Singapura.
Baca Juga: ACV Pertimbangkan Sejumlah Sektor Ini untuk Disuntikkan Pendanaan pada 2023 Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti