Stok minyak AS turun, harga minyak bergerak naik



NEW YORK. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik setelah pemerintah melaporkan persediaan minyak di Cushing, Oklahoma turun ke level terendah dalam satu tahun setengah.

Harga minyak berjangka naik 1,1% setelah Badan Energi AS menyatakan, stok turun 1,83 juta barel menjadi 34,8 juta barel pekan lalu. Jumlah stok tersebut paling sedikit sejak Februari 2012.

Persediaan nasional tergelincir 1,84 juta barel menjadi 360, 2 juta barel pekan ini. Harga juga naik karena Presiden Barack Obama berusaha mencari dukungan diplomatik untuk menyerang Suriah di acara G20 di St Petersburg, Rusia .


"Tingkat inventaris terus turun ini yang mendukung harga di pasar," kata Adam Wise, managing director di Manulife Asset Management di Boston. Ia bilang, pasar menahan diri dan menunggu situasi Suriah.

Harga minyak mentah WTI untuk pengiriman Oktober naik US$ 1,14 dan menetap di harga US$ 108,37 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga naik 18% tahun ini.

Sedangkan harga minyak Brent pengiriman Oktober naik 35 sen atau menguat 0,3% dan berakhir di harga US$ 115,26 per barel di ICE Futures Europe exchange di London. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri