Strategi Danone Kejar Target Kinerja di Tahun Ini



KONTAN.CO.ID - PARIS. Grup makanan asal Prancis, Danone mengaku akan fokus pada bisnis kesehatan dan nutrisi medis. Strategi ini untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan kas Danone di tahun 2025 hingga 2028. 

Produsen yoghurt Activia, air Evian dan makanan bayi merek Aptamil ini memperkirakan, penjualan bersih tahun ini bisa tumbuh sebesar 3%-5%. Danone juga berharap return on invested capital (ROIC) naik dua digit dan bisa mengantongi kas bebas untuk jangka panjang sebesar € 3 miliar.

Baca Juga: Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan pada Global CSR dan ESG Summit 2024


Namun, beberapa analis kecewa karena target kinerja yang ditetapkan tidak lebih ambisius. "Tidak ada apa pun di sana yang benar-benar dapat membuat orang berkata 'Ya Tuhan, ini memberi kami kepercayaan diri baru'," kata Bruno Monteyne, analis Bernstein seperti dikutip Reuters

Target baru Danone di sejumlah pos memang lebih baik, terutama di arus kas bebas dan ROIC. Namun, Monteyne menyebut, investor berharap lebih banyak momentum perubahan haluan.  

Editor: Avanty Nurdiana