KONTAN.CO.ID - Permintaan buku cetak yang mulai turun karena tergantikan oleh buku digital, berdampak kepada pelaku bisnis penerbitan buku. Penerbit menyiasati dengan berbagai macam cara untuk bertahan. Yadi Saeful Hidayat, Chief Execitive Officer (CEO) PT Mizan Pustaka mengatakan, peluang buku cetak atau fisik di Indonesia masih menjanjikan. Untuk menghadapi beban seperti pajak yang tinggi serta persaingan dengan digital publishing, Mizan menerapkan beberapa strategi. Di antaranya dengan inovasi dalam pengemasan produk, promosi yang kreatif, dan menekan ongkos produksi seefisien mungkin. Inovasi dalam pengemasan produk yang dilakukan oleh PT Mizan Pustaka merupakan salah satu bukti bahwa Mizan juga mulai menerapkan digital publishing untuk menarik konsumen. Pengemasan produk dilakukan dengan menyediakan buku dalam format buku cetak dan e-book.
Strategi penerbit bertahan di era e-book
KONTAN.CO.ID - Permintaan buku cetak yang mulai turun karena tergantikan oleh buku digital, berdampak kepada pelaku bisnis penerbitan buku. Penerbit menyiasati dengan berbagai macam cara untuk bertahan. Yadi Saeful Hidayat, Chief Execitive Officer (CEO) PT Mizan Pustaka mengatakan, peluang buku cetak atau fisik di Indonesia masih menjanjikan. Untuk menghadapi beban seperti pajak yang tinggi serta persaingan dengan digital publishing, Mizan menerapkan beberapa strategi. Di antaranya dengan inovasi dalam pengemasan produk, promosi yang kreatif, dan menekan ongkos produksi seefisien mungkin. Inovasi dalam pengemasan produk yang dilakukan oleh PT Mizan Pustaka merupakan salah satu bukti bahwa Mizan juga mulai menerapkan digital publishing untuk menarik konsumen. Pengemasan produk dilakukan dengan menyediakan buku dalam format buku cetak dan e-book.