Sudah over value, Analis: EUR/GBP koreksi teknikal



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mata uang euro nampak mulai melemah terhadap poudsterling pada hari ini, setelah lebih dari satu bulan pasangan mata uang EUR/GBP melaju positif.

Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (11/6) pukul 17.21 WIB pasangan mata uang EUR/GBP melemah 0,18% di level 0,8901.

Analis Finex Berjangka Nanang Wahyudin mengatakan koreksi yang terjadi dalam pasangan mata uang ini bersifat teknikal. 

Lebih lanjut, Nanang bilang bearish EUR/GBP tersokong oleh sentimen positif dari poundsterling. Inggris melaporkan rilis data indeks penghasilan rata-rata periode Mei di level 3,1%. Angka ini, di atas ekspektasi di level 2,9%, tapi masih di bawah pencapaian bulan April di level 3,3%.

Nanang menambahkan, pelemahan EUR/GBP masih terus berlanjut menanti rilis data ekonomi Eropa. Maklum, sejak kemarin Eropa tidak melaporkan data apapun. Namun fundamental euro pekan lalu pulih setelah Presiden ECB, Mario Draghi mengisyaratkan kenaikan suku bunga pada tahun 2020.

Euro sempat melonjak hingga level tertinggi 1,1309 terhadap salah satu rival utamanya dollar Amerika Serikat (AS) pasca pengumuman mengenai arah kebijakan ECB, sehingga efek domino EUR/GBP sempat dalam tren menguat.

Di sisi lain, kemarin EUR/GBP koreksi setelah rilis data gross domestic product (GDP) periode Mei 2019 berada di level negatif 0,4%. Masih bawah prediksi dan pencapaian bulan sebelumnya di level negatif 0,1%. Begitu pula dengan data industri manufaktur bulan Mei yang terkoreksi negatif 3,9% di bawah prediksi di level negatif 1,1%, dan pencapaian bulan April di level 0,9%.

Sementara isu Brexit semakin terombang-ambing setelah mundurnya Theresa May dari jabatan Perdana Menteri (PM) Inggris kemarin. Meski sudah ada calon pengganti, Nanang menilai Brexit masih ada kemungkinan untuk molor.

Secara teknikal, Nanang mengamati indikator harian moving average (MA) 50, MA 100, dan MA 200 berada di atas garis yang menunjukkan potensi menguat. Tetapi, stochastic berpotongan dan relative strength index (RSI) terlihat over value. “Makanya wajar ada koreksi,” tutur Nanang.

Makanya ia merekomendasikan sell untuk pasangan mata uang EUR/GBP. Adapun prediksi untuk pergerakan harga besok di rentang support 0,8850, 0,8819, dan 0,8773. Sementara level resistance antara 0,8926, 0,8972, dan 0,9017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi