Sukses Dukung MotoGP Seri Mandalika, Bandara Lombok Layani 49.000 Penumpang



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I (AP1) bersama anak usahanya telah berkontribusi signifikan dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Oktober.

Direktur Utama AP1, Faik Fahmi, mengungkapkan kepuasannya atas Penyelenggaraan MotoGP di Indonesia berjalan lancar dan sukses. 

"Sebagai bagian dari ekosistem pendukung, AP1 melalui Bandara Lombok berperan aktif dalam melayani penumpang dan logistik tim peserta mulai dari persiapan, hari pelaksanaan, hingga after event. Ini adalah wujud komitmen kami untuk mendukung event internasional ini," ujar Faik, Selasa (17/10).


Statistik menunjukkan bahwa Bandara Lombok melayani 49.344 pergerakan penumpang antara tanggal 11-16 Oktober, dengan rata-rata 8.224 penumpang per hari.

Baca Juga: Pastikan Pengamanan Wilayah Tambang, MIND ID Gandeng Kementerian ATR/BPN

Angka ini naik 23% dibandingkan dengan rata-rata harian bulan Oktober 2023 yang mencapai 6.698 penumpang per hari. Selain itu, ada 560 pergerakan pesawat selama periode tersebut.

Dengan adanya MotoGP, Bandara Lombok mencatat puncak arus kedatangan penumpang pada Jumat, 13 Oktober dengan total 8.819 penumpang. Sebaliknya, puncak keberangkatan terjadi pada Senin, 16 Oktober dengan total 10.351 penumpang.

Saat berbicara tentang keberangkatan tim MotoGP, Faik menyebutkan bahwa pada Senin, 16 Oktober, ada dua penerbangan utama: Garuda Indonesia GA7080 dan Malaysia Airlines MH8457, keduanya berangkat menuju Melbourne, Australia untuk seri berikutnya di Sirkuit Phillip Island.

Angkasa Pura Logistik (APL), anak perusahaan AP1, juga memiliki peranan penting dalam hal logistik. APL menangani proses loading dan clearance untuk logistik yang akan berangkat. Jadwal keberangkatan kargo adalah pada Selasa, 17 Oktober dengan dua penerbangan ke Melbourne dan Rabu, 18 Oktober dengan tiga penerbangan, dua ke Melbourne dan satu ke Kuala Lumpur.

Baca Juga: Ada Ajang MotoGP Mandalika 2023, Penumpang Kapal Padangbai-Lembar Naik 70%

Dalam kesempatan yang sama, Faik Fahmi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. 

"Kolaborasi dengan seluruh stakeholder memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Kami berharap layanan kami di bandara meninggalkan kesan positif, mendorong peningkatan wisatawan ke Lombok dan jumlah penumpang di Bandara Lombok di masa mendatang," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli