Sukseskan Promosi Produk Ekspor Indonesia, TEI 2024 Hadirkan Empat Program Unggulan



KONTAN.CO.ID - Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 siap menghadirkan empat programunggulan untuk menyukseskan upaya promosi produk ekspor Indonesia guna meningkatkankinerja ekspor nasional. TEI ke-39 akan digelar pada 9--12 Oktober 2024 di Indonesia ConventionExhibiton (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten dengan mengusung tema“BuildStrong Connection with the Best of Indonesia”.

“TEI ke-39 siap menggelar empat program unggulan, yaitu ASEAN Sustainability Conference,seminar dan forum, konseling bisnis (business counseling), dan penjajakan bisnis (businessmatching),” urai Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian PerdaganganMardyana Listyowati.

Program unggulan pertama, yaitu ASEAN Sustainability Conference yang menghadirkanparatokohterkemuka. Para tokoh ini akan membicarakan strategi dan solusi untuk mewujudkanASEANyanglebih inovatif dan berkelanjutan. Sejumlah tema utama yang akan diusung dalam“ASEANSustainability Conference”, di antaranya “Net Zero Transitions”, “Sustainable Electric Vehicle”,“Circular Economy”, dan “Fair Trade and Global Supply Chain”.


Narasumber yang akan hadir sebagai pembicara pada ASEAN Sustainability Conferencedi antaranya berasal dari Kementerian Perdagangan, Institute for Sustainability &Agility, EconomicResearch Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), Tony Blair Institute, The UNGlobal CompactNetwork Indonesia (IGCN), Bank Mandiri, PTT Oil & Retail Business Public Comp Ltd., ChargecoreGlobal PTE. LTD., COO Hyundai Motors Indonesia, Secondmuse, Enviu Indonesia, UnitedNationsDevelopment Program (UNDP), B-Corp, United Nations Economic and Social Commissionfor Asiaand the Pacific (UNESCAP), Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBSCD), danKoltiva.

Program unggulan kedua, yaitu seminar dan forum bisnis yang akan diselenggarakanselamapameran berlangsung. Gagasan tentang tren dan informasi terkini agar pelaku usahadapatbersaing di pasar global akan disampaikan pada seminar dan forum bisnis.

Khusus untuk forum bisnis, tujuan pelaksanaannya yaitu untuk memberikan informasi mengenai peluang, tantangan, dan upaya penerobosan pasar di luar negeri, khususnya untuk sejumlahsektor potensial, kepada dunia usaha dan eksportir. Sejumlah perwakilan RI di luar negeri,kementerian, praktisi, dan pelaku usaha asing juga akan menyampaikan materi tersebut.

“Melalui seminar dan forum bisnis, diharapkan para eksportir, buyers, dan investor bisamendapatkan informasi sehingga mampu memanfaatkan peluang perdagangan internasional daninvestasi,” tutur Mardyana.

Terdapat sejumlah subtema dalam seminar dan forum bisnis, yaitu “Fair Trade and Global SupplyChain”, “Carbon Market”, “European Union Deforestation Regulations”, dan “SustainableElectricVehicle”. Subtema-subtema tersebut bertujuan untuk mempromosikan praktikbisnisberkelanjutan Indonesia di kawasan ASEAN, memamerkan produk dan solusi berkelanjutandari Indonesia, mendorong investasi dalam usaha yang berfokus pada aspek keberlanjutan, sertameningkatkan pemahaman dan implementasi praktik berkelanjutan dalamperdagangandanbisnis.

Program unggulan ketiga, yaitu business counselling yang akan dilaksanakan pada 11Oktober2024, atau hari ke-3 TEI 2024. Business counselling akan dilaksanakan pada pukul 08.30--15.30WIB.

Business counselling bertujuan untuk membantu peserta TEI, khususnya para pelakuusahakecil dan menengah (UKM), untuk berkonsultasi langsung dengan para perwadag. Para peserta akan mendapat wawasan, pengetahuan, informasi, dan pemahaman tentang peluang dansolusi permasalahan ekspor yang dihadapi sehingga dapat menjadi bekal berbisnis untuk aksesdanpenetrasi ke pasar luar negeri.

Menurut Mardyana, business counselling berfungsi sebagai wadah untuk berbagi informasi kepadapara peserta TEI mengenai isu-isu perdagangan, adaptasi produk, informasi terkait buyers, sertaregulasi impor di negara akreditasi.

Kelas konsultasi dibagi menjadi lima wilayah, yaitupasarwilayah ASEAN dan Asia (non-ASEAN); pasar wilayah Asia Timur dan Australia; pasar wilayahAmerika Utara dan Amerika Latin; pasar wilayah Eropa; serta pasar wilayah Timur TengahAfrika,dan Eropa Timur. Para narasumber yang akan hadir pada business counselling, yaitu PerwadagRIdari 32 negara akreditasi, beserta Pejabat Fungsi Ekonomi perwakilan RI di luar negeri seperti Pakistan, Uzbekistan, Maroko, dan Kolombia.

Program unggulan keempat, yaitu business matching yang akan mempertemukan para pesertaTEI2024 dengan para pembeli (buyers) luar negeri selama pameran berlangsung. Melalui businessmatching, akan tercipta kontak dagang, kontrak dagang, dan jejaring pemasaran ke mancanegara.

Hingga akhir September 2024, berdasarkan rekapitulasi dari aplikasi pendaftaranbusinessmatching yang dilakukan para perwakilan Indonesia di luar negeri, tercatat sebanyak155permintaan dari 117 calon buyers yang berasal dari 14 negara yaitu Polandia, Pakistan, Filipina,Mesir, Taiwan, Afrika Selatan, Serbia, Korea, India, Jepang, Malaysia, Hongkong, ArabSaudi, dan Sudan.

Baca Juga: TEI ke-39 Siapkan Fasilitas untuk Manjakan Buyer dan Pengunjung

Selanjutnya: Upaya Tugure Mitigasi Risiko Klaim Jantung yang Terus Meningkat Setiap Tahunnya

Menarik Dibaca: PLN Electric Run 2024, Misi Pangkas Emisi Karbon 14.363 Kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti