Suku Bunga Dipangkas, STAR Asset Management Lihat Peluang Cerah Sektor Perbankan



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga acuan pada bulan September 2024 diperkirakan akan memberikan dampak positif bagi sektor perbankan nasional. 

Penurunan BI Rate ini diharapkan mampu meningkatkan likuiditas pasar dan mendorong pertumbuhan kredit, sehingga memperkuat kinerja industri perbankan di Indonesia.

Menurut data per September 2024, pertumbuhan penyaluran kredit di industri perbankan mencapai 10,4%, meningkat dibandingkan 8,7% pada periode yang sama tahun lalu. Angka ini sejalan dengan target Bank Indonesia yang menetapkan pertumbuhan kredit di kisaran 10-12% untuk tahun 2024. 


Baca Juga: Cuan Reksadana Pasar Uang Bikin Kantong Makin Tebal

Portfolio Manager di STAR Asset Management, Frederick Daniel T, menilai bahwa kondisi ini menciptakan peluang cerah bagi investor. 

"Penurunan suku bunga BI akan mendukung pertumbuhan sektor perbankan hingga awal 2025, dengan likuiditas yang meningkat dan percepatan dalam pertumbuhan kredit," ujar Frederick dalam keterangannya seperti dikutip, Jumat (25/10).

Data historis menunjukkan bahwa investasi pada Indeks Infobank15, khususnya yang dilakukan antara bulan September hingga Februari, memiliki rata-rata potensi imbal hasil sebesar 13,1%. 

Dengan demikian, STAR Asset Management menawarkan produk Reksadana Indeks STAR Infobank15, yang memberikan eksposur kepada 15 bank di Indonesia dengan pengukuran berdasarkan fundamental bank, kesehatan bank, dan aspek teknikal saham.

Baca Juga: Bunga Dipangkas, Cuan Reksadana Pendapatan Tetap Masih Oke

Proyeksi dari konsensus Bloomberg per 27 September 2024 menunjukkan bahwa konstituen Indeks Infobank15 memiliki potensi kenaikan rata-rata sebesar 11,7% dalam 12 bulan ke depan, belum termasuk dividen. 

Dengan fundamental yang kuat dan kualitas aset yang solid, Reksadana Indeks STAR Infobank15 menjadi pilihan menarik bagi investor yang ingin memanfaatkan momentum pertumbuhan sektor perbankan.

Investasi dalam Reksadana Indeks STAR Infobank15 dapat dilakukan melalui berbagai agen penjual, termasuk Bareksa, BRI Danareksa Sekuritas, CGS Sekuritas, dan lainnya, dengan minimum pembelian Rp 100.000. 

Selanjutnya: Waspada 5 Gejala Kanker Tulang yang Penting Diketahui

Menarik Dibaca: 25 Kartu Ucapan Sumpah Pemuda 2024 Terbaru untuk Menambah Semangat Pemuda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli